Belajar MENYAJIKAN MENU : Pergertian, Macam

DASAR MENYAJIKAN MENU
A. MENYIAPKAN MAKANAN UNTUK DISAJIKAN


Sebelum kita menyajikan makanan, kita perlu mempersiapkan makanan tersebut dengan baik. Agar kita dapat menyiapkan makanan tersebut, kita harus memahami dengan benar tentang fungsi dari makanan yang akan disajikan, sehingga makanan tersebut tepat dengan yang kita rencanakan dan sesuai dengan mutu yang diharapkan. Beberapa  ilmu dasar perlu diketahui agar kita dapat menyiapkan makanan sebelum kita menyajikan makanan tersebut, diantaranya kita harus mengetahui tentang menu, apa saja jenis makanan, susunan makanan tersebut dalam suatu kesempatan, bagaimana mengklasifikasikan makanan tersebut serta bagaimana kita menyimpan makanan tersebut sebelum disajikan.

a. Pergertian Menu
b. Macam-macam Menu
1) Brekfast menu
2) Lunch menu
3) Branch menu
4) Dinner menu

Sekarang mari kita pelajari beberapa menu yang disajikan khusus untuk individu ataupun kelompok tertentu dan acara-acara khusus.
1) Children menu
2) Senior Citizens menu
3) Room service menu 
4) Take out menu
5) Party of function menu
6) Employee menu
7) Etnic menu
8) Hospital menu

c. Susunan Menu
Menu yang disajikan terdiri dari beberapa susunan, mulai dari makanan pembuka yang sifatnya membangkitkan selera makan hingga makanan penutup, yang sifatnya menetralisis berbagai citarasa dari menu yang disajikan secara keseluruhan. Susunan menu yang baik harus dapat memenuhi kebutuhan seseorang akan rasa kenyang dan terpenuhinya semua unsur zat gizi yang dibutuhkan oleh individu. Selain itu menu yang baik juga terdiri dari konsistensi yang berbeda. Konsistensi yang seragam membuat orang yang mengkonsumsi menjadi bosan. Seperti susunan menu yang dominan bertekstur lunak, atau dominan bertekstur cair, ataupun dominan berteksur padat. Begitu juga susunan menu harus bervariasi dari segi citarasa. Hindari susunan menu yang bercitarasa dominan. Secara umum susunan menu adalah sebagai berikut:

1) Appetizer (makanan pembuka)
Makanan pembuka adalah makanan yang disajikan pertama kali.
Makanan ini memiliki cita rasa yang mampu membangkitkan selera makan. Makanan ini dapat berupa makanan dengan penyajian pada suhu panas ataupun hangat dan dapat pula berupa makanan yang dapat disajikan dalam keadaan dingin.

2) Entree (makanan penyela)
Makanan ini disajikan setelah makanan pembuka, dan sebelum makanan utama. Untuk makanan entrée, biasanya disajikan makanan kecil yang bercitarasa gurih. Porsinya hanya 1 atau 2 potong makanan kecil seperti schotel, croquette, pie dengan isi bercitarasa gurih.

Gambar Contoh makanan penyela

3) Maincourse (makanan utama)
Makan ini merupakan makanan utama yang disajikan dalam suatu susunan menu. Terdiri dari makanan pokok sumber karbohidrat, sumber protein hewani maupun nabati, lemak atau minyak, buah-buahan serta unsur sayur-sayuran.

Gambar Contoh makanan utama

4) Dessert (makanan penutup)
Bagi kita lebih dikenal dengan istilah pencuci mulut. Hidangan ini merupakan hidangan yang disajikan setelah makanan utama. Citarasa hidangan ini adalah manis, dan dapat berupa kue-kue (patiseri), maupun buah-buahan dan hasil olahannya. Patiseri yang disajikan dapat berupa patiseri yang disajikan pada suhu panas, maupun patiseri yang disajikan pada suhu dingin.

Gambar Contoh makanan penutup

5) Beverage (minuman)
Secara susunan makanan orang Asia (oriental) terutama di Indonesia, susunan hidangan berupa minuman kurang lazim disajikan. Namun bagi mereka di Eropa dan America (kontinental) beverage selalu ada dalam susunan menu mereka.

c. Klasifikasi Jenis Makanan
Susunan menu yang disajikan terdiri dari makanan pembuka hingga makanan penutup. Berikut ini adalah klasifikasi dari jenis makanan yang digolongkan kepada makanan pembuka, penyela, utama, penutup dan minuman.

1) Makanan Pembuka.
Makanan pembuka terdiri dari dua jenis yaitu pembuka panas dan pembuka dingin. Makanan pembuka panas dapat berupa berbagai macam sup, baik sup yang dikentalkan, maupun sup jernih. Sedangkan hidangan pembuka dingin dapat berupa berbagai macam sayuran yang disajikan dengan saos, potongan buah-buahan maupun berupa sari buah-buahan.

2) Makanan Penyela
Makanan penyela adalah makanan kecil bercitarasa gurih. Hidangannya dapat berupa pie, canape, croquete, pasta, aneka pastry dengan citarasa gurih dan lain sebagainya.

3) Makanan Utama
Makanan yang dapat disajikan pada makanan utama terdiri dari makanan sumber karbohidrat, berupa nasi, roti, kentang, pasta, noodle dan hasil olahannya. Selain itu berbagai sumber protein dapat disajikan, berupa hasil olahan daging, ikan, ayam, sea food, kacang-kacangan.
Pada makanan utama harus ada sayur-sayuran yang diolah sedemikian rupa.

4) Makanan penutup
Makanan penutup yang lazim disajikan adalah berupa aneka patiseri seperti cake, cookies, pie dengan isi bercitarasa manis, puding panas maupun dingin, aneka pastry dengan citarasa manis, ice cream, dan sari buah. Aneka kue yang disajikan dapat berupa kue-kue oriental, maupun kue kontinental.

5) Minuman
Minuman yang dapat disajikan biasanya minuman panas, berupa, teh, kopi, coklat dan susu. Namun bagi mereka di negara-negara Eropa dan Amerika, minuman juga disajikan pada makanan pembuka sebagai pembangkit selera makanan berupa champagne, sherry dan sebagainya yang bercitarasa manis dan dengan kadar alkohol rendah. Selain itu minuman juga dapat disajikan sebagai pengiring menu yang disajikan pada makanan utama berupa wine.
Wine yang disajikan dapat berupa red wine, untuk makanan utama dengan hidangan daging yang berwarna merah, white wine untuk makanan utama yang menyajikan daging berwarna putih, seperti ayam, ikan dan seafood, dan rose wine yang lebih netral dapat disajikan untuk kedua jenis daging berwarna merah dan putih.

d. Penyimpanan Makanan

B. MEMORSI DAN MENATA MAKANAN
a. Standar Porsi


Berikut ini adalah contoh standar porsi yang sering digunakan.



http://tenda.ok-rek.com/2017/10/teknik-penyajian-makanan-belajar.html


C. MENYAJIKAN MAKANAN
a. Syarat–syarat penyajian makanan
b. Teknik Penyajian makanan
c. Temperatur pada makanan 



Belajar MENYAJIKAN MENU : Pergertian, Macam

RANGKUMAN
1. Menu merupakan susunan dari beberapa macam hidangan yang dapat disajikan dalam suatu kesempatan. Menu dapat disajikan dalam suatu acara makan dalam keluarga maupun pada acara-acara khusus atau pada ivent tertentu.
2. Menu terbagi atas tiga macam berdasarkan waktu makan, speciality menu dan cara penjualannya.
3. menu disusun berdasarkan komponen zat gizi yang dibuthkan tubuh. Sehingga susunan menu tersiri dari makanan pembuka, makanan penyela, makanan utama , makanan penutup dan minuman.
4. Menu/ makanan yang telah disiapkan harus disimpan sesuai dengan tempatnya serta suhunya di sesuaikan dengan suhu terbaik saat menyajikan makanan tersebut.
5. Makanan yang akan disipak untuk dinikmati, haruslah mengacu kepada standard, baik dari segi standard mutu organoleptik maupun standar porsi dari makanan itu sendiri.

EVALUASI
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan menu !
2. Sebutkan pembagian macam-macam menu berdasarkan cara penjualannya.
3. Sebutkan macam-macam menu berdasarkan waktu makan !
4. Sebutkan macam-macam menu speciality !
5. Sebutkan susunan menu mulai dari appetizer hingga beverage dan berikan contohnya !
6. Jelaskan klasifikasi makanan yang tergolong pada makanan pembuka, makanan utam dan makanan penutup!
7. Jelaskan temperatur penyimpanan makanan yang baik sebelum makanan tersebut disajikan !

Selengkapnya tentang Belajar MENU PATISERI : PASTRY, CAKE, KUE, ROTI, CANDY, COOKIES, PUDDING, DESSERT

<i>tekt miring</i> | <b>TEKS TEBAL</b>

[img]link Image Anda[/img]

[youtube]link video youtube[/youtube]



 
© 2011 Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.ok-rek.com | okrek | omaSae | BerKADO | Facebook | Twitter | Versi MOBILE