Seorang muda adalah orang yang mengatakan inilah aku

Rasulullah bersabda, “Bukanlah orang muda orang yang mengatakan inilah bapakku. Seorang muda adalah orang yang mengatakan inilah aku.” Pesan Rasulullah ini terasa relevan sepanjang waktu, termasuk bagi Anda sebagai generasi muda bangsa saat ini. Pesan itu merupakan tantangan untuk semua generasi muda untuk membuktikan kemampuan dirinya.

Untuk menjadi generasi muda yang berprestasi, Anda perlu memiliki kepribadian yang kuat sekaligus mental yang kuat pula. Kedua hal tersebut dapat Anda miliki melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai agama dengan baik. Untuk membentuk generasi yang kuat itulah buku Pendidikan Agama Islam untuk SMA Kelas X ini hadir.

Pada jenjang kelas X ini Anda akan diajak membentuk karakter diri dengan beberapa materi sebagai berikut. Pada semester ganjil Anda akan belajar ayat-ayat tentang manusia dan keikhlasan beribadah, sifat Allah dalam asmaul husna, melatih sikap husnuzan, memahami sumber hukum Islam, dan mempelajari sejarah Rasulullah di Mekah. Pada semester genap Anda akan belajar ayat Al-Qur’an tentang demokrasi, iman kepada malaikat, melatih kebiasaan terpuji, menghindari hasad, riya, aniaya, dan diskriminasi, mempelajari peraturan tentang zakat, haji, dan wakaf, serta dakwah Rasulullah di Madinah.

Untuk mengantarkan Anda belajar hal-hal tersebut di atas, buku ini disusun secara sistematis dengan urutan sebagai berikut.
– Judul Bab, berisi materi pokok yang dipelajari dalam suatu bab.
– Peta Konsep, berisi bagan rangkaian konsep yang diangkat dalam bab.
– Beranda, berisi wacana yang akan mengantarkan Anda memasuki bab.
– Uraian Materi, di sinilah materi diuraikan menyatu dengan informasi tambahan dan kegiatan.
– Hayya Na’mal, berisi kegiatan tempat Anda melatih kemampuan diri.
– I’lam, berisi informasi terkait materi dan perkembangan terbaru sebagai tambahan bagi Anda.
– Amali, ilmu dan kemampuan yang dipelajari tidak akan banyak manfaat apabila tidak digunakan. Oleh karena itulah, Anda diajak membiasakan diri dalam rubrik ini.
– Ikhtisar, bagian ini berisi rangkuman materi yang telah Anda pelajari. Rangkuman mengikat pengetahuan Anda untuk dapat digunakan pada saatnya nanti.
– Muhasabah, apakah yang telah Anda pelajari? Renungkan di bagian ini.
– Imtihan, setelah belajar, ujilah pemahaman dan kemampuan Anda dengan soal-soal di bagian ini.

<i>tekt miring</i> | <b>TEKS TEBAL</b>

[img]link Image Anda[/img]

[youtube]link video youtube[/youtube]



 
© 2011 Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.ok-rek.com | Duwur | okrek | omaSae | BerKADO | Facebook | Twitter | Versi MOBILE