Surah Al-Kafirun dan Al-Lahab

Surah Al-Kafirun terdiri atas 6 ayat dan termasuk surat Makkiyah. Dinamai Al-Kafirun (orang-orang kafir) diambil dari perkataan Al-Kafirun yang terdapat pada ayat pertama.
Isi pokok surah Al-Kafirun adalah, Tuhan yang disembah Nabi SAW dan pengikutnya bukanlah apa yang disembah oleh orang-orang kafir. Tidak ada toleransi dalam hal aqidah dan ibadah. Semua usaha orang kafir gagal dalam mempengaruhi Nabi Muhammad SAW agar meninggalkan dakwahnya.

Surah Al-Lahab terdiri atas 5 ayat, termasuk surah Makkiyah. Dinamai Al-Lahab diambil dari kata "Lahab" yang terdapat pada ayat ketiga yang artinya "gejolak api". Surah ini juga dinamakan "Al-Masad" yang artinya sabut.
Surah Al-Lahab bercerita tentang Abu Lahab dan isterinya yang menentang dakwah Rasulullah SAW. Keduanya binasa dan masuk neraka. Harta Abu Lahab tak berguna untuk keselamatannya. Demikian pula dengan apaapa yang ia usahakan.
Apa yang dimaksud "kedua tangan Abu Lahab" ialah Abu Lahab sendiri. Namanya adalah Abdul Uzza ibnu Abdul Mu alib. Isterinya benama Arwa binti Harb, disebut “Pembawa kayu bakar” karena dia selalu menyebarkan fitnah, memburuk-burukkan Nabi Muhammad SAW dan kaum muslimin.
Isi pokok surah Al-Lahab menjelaskan kegagalan lawan-lawan Nabi Muhammad SAW. Dan juga mengisyaratkan bahwa kemusyrikan tidak dapat dipertahankan dan tidak akan menang walaupun pendukung-pendukungnya bekerja keras.

1. SuraH Al-Kafirun terdiri atas 6 ayat, dan tergolong surah Makkiyah.
2. Nama Al-Kafirun diambil dari kata "Al-Kafirun" artinya orang-orang kafir yang terdapat pada ayat kesatu.
3. Orang kafir adalah orang-orang yang mengingkari keesaan Allah, dan kerasulan Nabi Muhammad SAW.
4. Isi pokok surah Al-Kafirun menyatakan bahwa Tuhan yang disembah Nabi Muhammad SAW dan pengikutnya bukanlah apa yang disembah oleh orang- orang kafir.
5. Tidak ada toleransi dalam hal aqidah dan ibadah.
6. Surah Al-Lahab terdiri atas 5 ayat, dan tergolong ke dalam surat Makkiyah.
7. Nama surah Al-Lahab diambil dari kata "Lahab" yang artinya "gejolak api" yang terdapat pada ayat ketiga surah ini.
8. Nama asli Abu Lahab adalah Abdul Uzza ibnu Abdul Muttalib, dan isterinya bernama Arwa binti Harb dan gelarnya “Ummu Jamil”.
9. Pembawa kayu bakar dalam bahasa Arab adalah kiasan bagi penyebar fitnah.
10. Isi pokok surah Al-Lahab menjelaskan kegagalan lawan-lawan NabiMuhammad SAW dan pengikutnya, juga mengisyaratkan bahwa kemusyrikan tidak dapat dipertahankan dan tidak akan menang walaupun pendukung-pendukungnya bekerja keras.

<i>tekt miring</i> | <b>TEKS TEBAL</b>

[img]link Image Anda[/img]

[youtube]link video youtube[/youtube]



 
© 2011 Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.ok-rek.com | Duwur | okrek | omaSae | BerKADO | Facebook | Twitter | Versi MOBILE