Praktikum wawancara promosi kerja Aspek Sikap Kerja

Aspek Sikap Kerja

T: Sebelumnya apakah Anda memiliki pengalaman bekerja ?
J: Kalau pengalaman saya sudah punya, karena saya dulu sempat bekerja di PT P sebagai SPG Event.
T: Bisa dijelaskan bekerja sebagai SPG Event itu seperti apa ya?
J: Ya…disini tugas saya adalah mempromosikan produk internet terbaru yang canggih dan tercepat yang dimiliki oleh perusahaan saya PT P  .
T: Terus, keahlian apa saja yang telah Anda miliki selama ini ?
J: Keahlian saya bisa mengoperasikan komputer, seperti Ms Excel, Ms Word, Ms power point,dll serta saya mampu sedikit berbicara dalam bahasa inggris.
T: Pada pekerjaan terakhir, kekurangan apa yang menghambat karir Anda ?
J: Ehmm…(sambil mencoba mengingat) Mulai dari uang gaji saya yang di bawah UMR, atasan yang kurang care dengan saya dan rekan-rekan lainnya.
T: Boleh tahu gaji di bawah UMR yang Anda maksud itu berapa?Dan sikap atasan Anda yang kurang care itu seperti apa ya?
J: Ya setiap hari kan saya bekerja mengambil waktu yang shift, jadi cuma setengah hari saja dan setiap harinya saya memperoleh komisi Rp 25.000,- ditambah gaji pokok saya hanya Rp 300.000,- dengan kontrak kerja selama 2 minggu saja, jadi keseluruhan gaji yang saya dapatkan hanya Rp 750.000,- hal itu kan termasuk di bawah UMR padahal UMR kota Surabaya tahun ini Rp 948.500,- dan sikap atasan yang kurang care adalah pada saat karyawannya bekerja sama sekali tidak disediakan air minum di tempat kerja tersebut yang terletak di Sutos mall.
 T: Apa alasan Anda berhenti bekerja pada perusahaan yang dulu ?
 J: Ya... karena masa kontrak bekerja saya selama 2 minggu sudah habis atau telah selesai...
T: Oh begitu…
T: Oia bidang yang Anda kuasai dalam pekerjaan yang Anda inginkan itu apa ?
J: Saya lebih suka mengusai pekerjaan dibidang yang bagian mengatur atau memegang kendali terhadap kinerja karyawan di perusahaan atau bisa disebut juga dengan manager marketing gitu... (Tersenyum...)
T: Tanggung jawab apa yang Anda kuasai dalam pekerjaan yang dulu?
J: Ya saya harus benar-benar menguasai kelebihan dan cara kerja produk dari internet perusahaan yang akan saya tawarkan tersebut kepada para konsumen, sehingga para konsumen mengerti produk yang saya tawarkan tersebut dan membelinya... (memgang rambutnya dan posisi duduk disandarkan ke kursi)
T: Apabila bekerja di perusahaan yang terdulu, cara berpakaian Anda dan karyawan yang lain seperti apa ?
J: kalau di perusahaan  PADINET, semua karyawannya diberikan kaos berkerah warna kuning yang bertuliskan produk tersebut dan wajib memakainya pada saat bekerja.
T: Bidang pekerjaan apa yang Anda inginkan saat ini? Dan posisi jabatan apa yang diharapkan ?
J: Ehmmm… Bidang pekerjaan yang berhubungan dengan komunikasi atau sebagai pimpinan kalau bisa. Hehehe... Yang jelas posisi sebagai Manager Marketing.
T:Kegiatan apa yang Anda sukai pada saat tidak bekerja?
J : Ya biasanya pergi ke mall dengan teman-teman kuliah atau istirahat di rumah saja karena kan saat ini saya menjalani kuliah sambil kerja, jadi pastinya banyak energi saya yang terkuras... (Menghela nafas...)
T: Ceritakan cara Anda melakukan pendekatan dengan rekan kerja Anda jika Anda menjadi manager marketing?
J: Saya akan sering berinteraksi dengan bawahan saya misalnya mengajak ngobrol pada jam makan siang lalu mengadakan acara kantor untuk refreshing jadi bukan hanya saya yang dekat dengan bawahan tetapi antar karyawan juga dekat satu sama lain.
T: Anda lebih memilih bekerja sendiri atau dalam kelompok, dan jelaskan alasannya?
J: Saya lebih memilih bekerja sendiri, karena kalau dalam kelompok apabila salah satu anggota dalam kelompok tidak bisa diajak bekerja sama, maka akan menganggu kinerja dari pekerjaan yang menjadi  tanggung jawab kelompok.
T:  Bagaimana Anda melakukan pendekatan dengan karyawan bawahan Anda? Dan apabila karyawan tersebut membandel, cara apa yang akan lakukan?
J: Seperti yang tadi saya katakan, atau dengan cara bicara langsung terhadap karyawan tersebut di ruangan saya secara pribadi tentunya, tapi apabila masih saja membandel yang diberi sangsi atau diberhentikan saja.
T: Dengan pekerjaan sebagai sales marketing ini, apakah Anda juga mengharapkan posisi yang lain? Atau lebih senang dengan posisi sales marketing?
J: Well, of course I prefer become a manager, because great power great responbility, and more payment I think. (ya, tentu saja saya lebih suka menjadi manager, karena dengan kekuasaan yang besar maka akan timbul tanggung jawab yang besar juga dan saya pikir gajinya akan lebih besar.
T: Bagaimana Anda menghadapi orang yang suka mencari masalah?
J: Saya akan diam saja dan membiarkan orang itu sampai dia  berhenti mengganggu saya. Because silent is gold.
T: Pendekatan apa yang Anda lakukan untuk membina hubungan dengan para penanam modal asing tersebut secara Anda adalah sales marketing?
J: Well, biasanya saya memulai pendekatan dengan PMA (Penanam Modal Asing) by Phone dulu. Apabila mereka mulai menyetujui dan menanamkan modalnya ke perusahaan saya biasanya PMA memberikan bonus atau mengajak makan siang.
T: Apa yang menjadi masalah antara Anda dan atasan yang sekarang?
J: Tidak ada. Karena atasan saya yang sekarang lebih care terhadap saya. (tersenyum)
T: Bisa dijelaskan job dish sebagai manager marketing itu seperti apa? dan alasan apa yang menjadikan anda pantas untuk menjabat sebagai manager?
J: Memimpin dana mengawasi kinerja para bawahan dan saya merasa pantas karena saya memiliki pendidikan yang cukup dan pengalaman saya dalam hal memimpin itu banyak dalam organisasi sehingga saya pantas menjadi manager marketing.
T: Oh ya, jika Anda menjadi manager bagaimana kalau misalnya saat ini nilai tukar rupiah terhadap dollar rendah otomatis kan PMA ragu untuk menanamkan modal ke perusahaan Anda sehingga cara seperti apa yang Anda lakukan supaya para PMA itu yakin untuk menanamkan modalnya di perusahaan Anda?
J: Dalam ekonomi penurunan dan kenaikan pasti terjadi. Masalah ini tentu saja tidak dapat saya tangani sendiri. Jadi saya akan mendiskusikannya dengan para penanam modal dan rekan-rekan saya. Dan Saya akan terus berusaha untuk meyakinkan para PMA tersebut dalam menanamkan modalnya ke perusahaan saya


<i>tekt miring</i> | <b>TEKS TEBAL</b>

[img]link Image Anda[/img]

[youtube]link video youtube[/youtube]



 
© 2011 Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.ok-rek.com | Duwur | okrek | omaSae | BerKADO | Facebook | Twitter | Versi MOBILE