Ideologi di berbagai negara di Dunia

Macam-macam Ideologi di Dunia

Ideologi adalah suatu paham atau ide pemikiran dalam menjalankan kehidupan lewat suatu sudut pandang tertentu. Ideologi tersebut lantas akan menjadi pegangan suatu negara dalam mencapai cita-cita maupun tujuannya.
Ideologi-ideologi di berbagai negara.
Liberalisme
Liberalisme adalah paham yang sangat menjunjung tinggi kebebasan dan persamaan hak setiap manusia. Tokoh yang berpengaruh terkait ideologi ini antara lain Martin Luther, John Locke, dan Adam Smith.

Komunisme
Komunisme berprinsip bahwa kepentingan umum jauh lebih penting dan harus didahulukan daripada kepentingan pribadi, sehingga berdampak tidak adanya pengakuan terhadap hak-hak pribadi manusia. Tokoh yang paling berpengaruh terkait ideologi ini adalah Karl Marx.

Kapitalisme
Paham ini meyakini bahwa seseorang, khususnya pemilik modal, bisa meraup keuntungan sebesar-besarnya dengan usaha apapun. Biasanya, penganut kapitalisme juga tidak terlalu memperdulikan kondisi sekitar. Intinya, selama ia mendapat keuntungan, maka ia akan terus melakukan usahanya.

Nasionalisme
Nasionalisme adalah suatu ideologi yang memiliki konsep mewujudkan persamaan identitas kelompok manusia demi terciptanya persatuan dan kedaulatan suatu negara.

Feminisme
Paham ini menuntut adanya keadilan dan persamaan hak antara kaum pria dan wanita. Sebagian besar penganut paham ini adalah perempuan yang merasa tidak mendapat perlakuan sama seperti kaum pria, sehingga mereka menuntut adanya kesetaraan gender.

Demokrasi
Demokrasi memiliki konsep yang hampir sama seperti liberalisme, yaitu menjunjung kebebasan setiap individu. Namun dalam demokrasi ada keseimbangan antara peran pemerintah dan masyarakat. Pemerintah sebagai pelaksana pemerintahaan itu sendiri, sementara kedaulatan tetap berada di tangan rakyat.

Konservatisme
Ideologi ini mengajarkan tentang manusia yang harus selalu memelihara kondisi yang sudah ada serta menciptakan kestabilan. Hal ini didasarkan pada pemikiran bahwa tidak selamanya sebuah perubahan akan membawa kebaikan.

Neoliberalisme
Ideologi ini baru dikenal pada tahun 2000-an. Inti dari aliran ini adalah untuk menciptakan kembali kebebasan individu yang dikaitkan dengan terjadinya pasar bebas di dunia internasional. Didalam ideologi ini tercipta kekuatan ekonomi yang menjadi tolok ukur kekuatan politik.

Selain beberapa paham yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih cukup banyak ideologi yang muncul dari pemikiran manusia seiring dengan perkembangan zaman.

<i>tekt miring</i> | <b>TEKS TEBAL</b>

[img]link Image Anda[/img]

[youtube]link video youtube[/youtube]



 
© 2011 Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.ok-rek.com | Duwur | okrek | omaSae | BerKADO | Facebook | Twitter | Versi MOBILE