Kehihidupan anak kost

1. Latar Belakang

Kehidupan anak kost yang berasal dari daerah lain atau kota lain yang biasa dikatakan dengan anak pendatang, sangat berbeda dengan daerah yang mereka tinggali untuk sekarang ini contohnya bisa kita lihat dari segi sosial, budaya mereka dari asal mereka sendiri dan ekonomi mereka sangatlah jauh berbeda dengan daerah yang mereka tinggali untuk sekarang ini. Sehingga mau tak mau mereka yang berasal dari daerah lain atau kota lain harus bisa menyesuaikan dengan daerah yang mereka tinggali untuk sekarang ini. Tentu saja dengan tidak melupakan sistim sosial dan budaya mereka masing – masing. Karena jika mereka melupakan budaya mereka sendiri, berarti mereka tidak menyenangi budaya daerah mereka sendiri.

Masalahnya yang kita tahu, sampai sekarang ini, makin lama seseorang yang tinggal di daerah lain atau kota lain yang mereka tinggali saat ini. Mereka justru akan melupakan budaya dan sistim sosial mereka sendiri. Contohnya bisa kita lihat dari segi bahasa. Misalnya saja antara bahasa di jawa tengah, dengan bahasa di jawa timur sangatlah jauh berbeda, Karena bahasa orang jawa tengah di kenal dengan gaya bahasa yang halus. Sedangkan bahasa orang jawa timur dikenal dengan gaya bahasa yang agak – agak kasar. Sehingga apabila ada seorang mahasiswa yang kebetulan berasal dari jawa tengah yang sudah terbiasa dengan bahasa yang halus, ketika ia mendengar pembicaraan antara orang jawa timur dengan orang jawa timur ia akan menganggap bahwa orang itu sedang bertengkar atau dengan anggapan yang lain. Sedangkan anggapan bagi orang jawa timur dia akan mengganggap pembicaraan itu biasa – biasa saja.

Hal seperti itulah yang kiranya dapat dapat mempengaruhi kehidupan anak kost, mereka akan berfikir jika mereka tidak menyesuaikan cara ataupun sistim sosial dan budaya daerah yang mereka tinggali untuk sekarang ini khususnya daerah jawa timur ( Surabaya ) mereka akan merasa kurang percaya diri. Hal yang dapat menyebabkan kurangnya raya percaya diri yaitu kebanyakan dari orang akan mengganggap, orang manakah itu kok logat bahasanya bukan logat jawa timur. Dengan adanya anggapan seperti itu akan memacu keinginan mereka untuk menguasai logat bahasa jawa timur.

Dengan lamanya seseorang yang tinggal di daerah lain yang bukan merupakan daerahnya sendiri mereka akan cenderung lupa dengan budaya mereka sendiri. Karena jika mereka tinggal lama di daerah lain mereka akan terbiasa dengan sistim sosial dan kebudayaan daerah, yang mereka tinggali untuk sekarang ini.

Membuat Proposal

  

<i>tekt miring</i> | <b>TEKS TEBAL</b>

[img]link Image Anda[/img]

[youtube]link video youtube[/youtube]



 
© 2011 Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.ok-rek.com | Duwur | okrek | omaSae | BerKADO | Facebook | Twitter | Versi MOBILE