Inkuiri Ilmiah merupakan suatu proses yang ditempuh untuk memecahkan masalah

Pada tahun 1922 Fleming secara tidak sengaja menemukan sebuah antibiotik yang membunuh bakteri, tetapi tidak membunuh sel darah putih. Penemuannya itu diawali ketika dia sedang menderita flu. Ketika menderita flu, Fleming membuat biakan dari ingusnya di atas cawan petri. Saat mengamati cawan petri yang dipenuhi bakteri kuning, air matanya jatuh di atas cawan petri tersebut. Hari berikutnya dia memeriksa biakannya. Ia menemukan tempat yang bersih di tempat jatuhnya air mata. Pengamatannya yang cermat dan keingintahuannya yang tinggi menuntun Fleming pada kesimpulan yang benar: air mata mengandung zat yang menyebabkan perusakan secara cepat (lisis) pada bakteri, tetapi tidak berbahaya terhadap jaringan tubuh. Enzim yang ada pada air mata ia namakan lisosim (lysozyme). Walaupun diketahui bahwa lisosim tidak begitu penting-karena membunuh bakteri yang tidak berbahaya-tetapi penemuan ini menjadi pendahuluan untuk menemukan penisilin pada tahun 1928. (Dikutip dari Serendipity: Penemuan- Penemuan di Bidang Sains yang Tidak Disengaja, Pakar Raya, Bandung)

Sudahkah Anda melakukan kegiatan inkuiri ilmiah dalam mempelajari Biologi? Inkuiri ilmiah merupakan suatu proses yang ditempuh untuk memecahkan masalah, merencanakan eksperimen, melaksanakan eksperimen, mengumpulkan data dan menganalisis data, serta menarik kesimpulan. Jadi, inkuiri ilmiah melibatkan Anda secara mental maupun fisik untuk memecahkan suatu permasalahan yang diberikan. Dengan demikian, Anda akan terbiasa bersikap seperti para ilmuwan sains, yaitu teliti, tekun, objektif, kreatif, dan menghormati pendapat orang lain.

Dalam buku Biologi disajikan berbagai media bagi Anda untuk melakukan inkuiri ilmiah. Media inkuiri yang tersaji dalam buku ini meliputi Eksperimen, Eksperimen Plus, Forum Diskusi, Tugas Mandiri, dan Tugas Kelompok.

Coba perhatikan kata kunci berikut:
menemukan, pengamatannya yang cermat, penemuannya, keingintahuannya, membuat biakan, kesimpulan, mengamati, penemuan, memeriksa.
Kata-kata tersebut merupakan ciri-ciri kegiatan inkuiri ilmiah.


<i>tekt miring</i> | <b>TEKS TEBAL</b>

[img]link Image Anda[/img]

[youtube]link video youtube[/youtube]



 
© 2011 Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.ok-rek.com | Duwur | okrek | omaSae | BerKADO | Facebook | Twitter | Versi MOBILE