Ketahanan Tubuh Dan Latihan



 Secara umum pengetahuan tentang tubuh harus kita ketahui benar, hal ini agar kita dapat menerapkan bentuk dan latihan gerak yang tepat bagi tubuh ideal kita. Kesesuaian bentuk tubuh dan latihan gerak yang diterapkan memiliki sinkronisasi yang terarah, pada khususnya apabila latihan diterapkan akan membawa dampak yang positif terhadap latihan dasar yang digunakan. Oleh sebab itu dibutuhkan strategi awal untuk mempelajari bentuk gerak, bentuk tubuh kaitannya dengan porsi latihan yang bakal diberikan.
 Bentuk tubuh yang berbeda-beda ditentukan oleh gaya hidup, kebiasaan makan, dan cara yang dapat mempengaruhi terjadinya perubahan drastis bentuk tubuh yang dengan kebiasaan dan pelatihan dapat terbentuk dengan sendirinya. Muara bentuk tubuh lebih terkonsentrasi pada bagian tengah, khususnya bagian-bagian tertentu tersebut cukup rentan karena dapat dirancang dan digunakan untuk menopang berat badan sehingga sering kali cenderung berubah bentuk.
 Kebiasaan yang kurang terlatih dan terkondisi pada bagian-bagian tubuh kita dapat menyebabkan penumpukan lemak, terutama pada bagian pinggul, paha, dan dada. Bagaimanapun, sel-sel lemak tidak akan memiliki masalah apabila kita mampu menyimpan kalori untuk digunakan sebagai dasar gerak untuk melatih ketahanan tubuh. Dengan demikian kita hanya membutuhkan diet secara sehat dengan dikombinasikan dengan olah tubuh melalui proyek latihan gerak yang sesuai dengan bentuk tubuh kita.
 Olah tubuh bila dilakukan secara benar dan tepat dapat membantu pembentukan otot tubuh, dan mengencangkan otot-otot tubuh menjadi kondisi fisik yang prima melalui latihan-latihan kesegaran jasmani.
 Dalam Singgih D. Gunarsa menyatakan, latihan kesegaran jasmani dalam materi penyegaran tubuh, latihan pernafasan, latihan penyegaran otot dan saraf punggung, pinggang, kaki, pencernaaan makanan serta latiihan memperlancar peredaran darah. Latihan olah tubuh dapat membentuk peningkatan energi fisik dan kejiwaan. Latihan yang akan diuraikan ini adalah latihan penyegaran badan disertai konsentrasi, guna rnelatih mental atau pikiran yang menyatu yang seiring disebut meditasi.

<i>tekt miring</i> | <b>TEKS TEBAL</b>

[img]link Image Anda[/img]

[youtube]link video youtube[/youtube]



 
© 2011 Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.ok-rek.com | Duwur | okrek | omaSae | BerKADO | Facebook | Twitter | Versi MOBILE