Alat - Alat Pengangkat (Car Lift)



 Car lift terdiri dari beberapa jenis, single post, double post ataupun four post car lift. Tenaga yang digunakan untuk mengalirkan oli menggunakan pompa yang digerakkan oleh tenaga manusia langsung, pompa yang digerakkan motor listrik, ataupun dengan pompa yang digerakkan dengan udara tekan. Aliran fluida dari pompa dialirkan ke silinder, yang menyebabkan piston akan terangkat ke atas dan penyangga akan mengangkat kendaraan.
 Pada car lift tipe single post terdapat empat lengan yang dapat diatur sedemikian rupa baik panjang-pendeknya serta arah lengannya, sehingga mobil dapat terangkat dengan aman. Jenis ini banyak  digunakan untuk membuka bengkel pencucian kendaraan, karena dapat menjangkau beberapa bagian mesin dengan leluasa. Namun untuk perbaikan bodi ataupun kaki-kaki kendaraan, faktor keamanannya kurang baik bila dibandingkan dengan jenis car lift yang lainnya.
Apabila bekerja di bawah car lift jenis ini, perlu hati-hati ketika dibawah kendaraan.
 Demikian juga untuk car lift jenis double post car lift juga memiliki landasan penyangga kendaraan yang dapat diatur untuk menyesuaikan dengan bodi/ rangka kendaraan. Alat pengangkat kendaraan ini cocok untuk perbaikan bodi khususnya kaki-kaki (roda) karena roda menggantung dan lebih aman daripada jenis single post car lift.
 Sedangkan untuk tipe four post car lift, memiliki tingkat keamanan yang paling baik. Akan tetapi tidak cocok untuk perbaikan kaki-kaki kendaraan, dan lebih cocok untuk pekerjaan dibawah kendaraan seperti perbaikan transmisi, differensial (gardan), sistem rem dan sebagainya.
 Ketika mengoperasikan car lift dilarang membawa penumpang atau ada orang didalam kendaraan. Pintu kendaraanpun juga harus tertutup rapat atau lebih aman terkunci. Apabila car lift memiliki kunci tambahan sebagai pengaman ketika sedang digunakan, maka kunci harap dipasang. Apabila peralatan tidak bisa berfungsi dengan sempurna, maka alat tersebut jangan digunakan. Lakukan terlebih dahulu perbaikan, termasuk jika alat sudah tidak bisa bekerja cepat seperti biasanya, mungkin minyak pelumas perlu dicek, atau terdapat kebocoran pada sistem.
 
Dongkrak
 Dongkrak lantai atau sering disebut dengan dongkrak saja, digunakan untuk mengangkat sebagian dari bodi kendaraan. Dongkrak dioperasikan dengan cara memompa silinder dengan tangan melalui handle (tuas pemompa). Pada dongkrak juga dilengkapi katup pembebas, yang digunakan untuk mengembalikan posisi piston pada kondisi semula. Ketika sedang menggunakan dongkrak, penyangga harus pada posisi yang tepat pada kendaraan, sebab bila tidak, maka dongkrak bisa terguling dan dapat menyebabkan bodi kendaraan terguling dan memungkinkan kerusakan.
 Dongkrak dibedakan berdasar besar kekuatan yang dimilikinya. Terdapat salah satu jenis dongkrak yang memiliki kekuatan yang besar disebut dengan dongkrak buaya. Untuk tindakan keamanan, gunakan penyangga tambahan (jack stand) dibawah kendaraan pada chasis atau komponen yang kuat menahan beban mobil, agar kita aman bekerja dibawah kendaraan.

Portable Crane
 Portable Crane adalah alat yang digunakan untuk mengangkat mesin yang akan dikeluarkan dari kendaraan yang dapat berpindah tempat (portable). Alat ini terdiri dari bagian bawah yang dilengkapi roda, tiang utama, pompa hidrolis, katu pembebas, serta tangkai pengangkat yang bisa diatur panjang-pendeknya sesuai kebutuhan.
 Alat ini dapat bekerja secara hidrolik juga, yaitu dengan cara memompa dengan menggunakan tangan pada tuas pemompa, sehingga piston dalam silinder akan mengangkat tangkai pengangkat.
 Ketika bekerja menggunakan crane pastikan bahwa mesin yang akan diangkat sudah benar-benar bebas dari kendaraan, termasuk baut-baut pengikat, engine mounting (dudukan mesin), kabel-kabel, selang dan komponen lainnya. Setelah terangkat, segera letakkan komponen yang diangkat pada tempat yang aman, baru kemudian mengerjakan perbaikan.
 Crane juga bisa digunakan untuk keperluan lain selain mengangkat mesin, misalnya mengangkat benda-benda berat yang harus diangkat atau dipindahkan. Tentunya, dengan memperhatikan kekuatan maksimum dari crane yang bersangkutan.

<i>tekt miring</i> | <b>TEKS TEBAL</b>

[img]link Image Anda[/img]

[youtube]link video youtube[/youtube]



 
© 2011 Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.ok-rek.com | Duwur | okrek | omaSae | BerKADO | Facebook | Twitter | Versi MOBILE