Riwayat Hidup Para Komposer Pada Era Abad Pertengahan



Era Abad Pertengahan (Medieval Era) (600-1450)
 
Dufay, Guillaume (ca. 1400-74) :
 Komposisi Belanda yang pemimpin paduan suara pada Katedral Cambrai, kemudian ia belajar ke Italia dan memasuki paduan suara kepausan di Roma pada tahun 1428. Dufay berkarir dobel, sebagai pastur maupun sebagai musisi.
Gregory I, ”The Great” (540-604) :
 Gregory menjabat sebagai Paus pada selama tahun 590-604. Ia bukan seorang komposer tetapi dikenal karena memiliki perhatian besar mengembangkan dan menyatukan musik-musik untuk keperluan misa dan liturgi gereja-gereja Kristen. Banyak dari nyanyian berasal dari misa gereja Katholik Roma yang kemudian dikenal sebagai Gregorian chant (Lagu-lagu Gregorian).
Guido d’Arezzo (ca. 997-ca. 1050) :
 Seorang Italia yang dikenal dalam sejarah musik sebagai penemu sistem menyanyi solmisasi (ut, re, mi, fa, sol, la) dan juga penyusunan tata-aturan penulisan kunci nada.
Landini, Francisco (1325-1297) :
 Komposer Italia pada periode Ars Nova (Seni Baru). Landini seorang buta yang berprofesi sebagai organis, komposisi dan permainannya sangat dikenal pada zamannya. Ia tercatat sebagai pencipta balada, bentuk musik-puisi penting. Kebanyakan dari masa hidupnya tinggal di Florence, di kota itu ia dikenal sebagai virtuoso organis dan juga pemain ulung instrumen musik lainnya seperti lute dan rebec. Musiknya termasuk madrigal-madrigal dan musik-musik tarian yang sangat indah.
Leonius (atau LĂ©onin) (abad ke-12) :
 Seorang organis dan komposer Perancis, mungkin sebagai orang pertama pendiri Notre Dame School di Paris. Ia menggabungkan Magnus Liber, sekumpulan lagu liturgis yang siklis, kebanyakan dari itu terdiri dari dua bagian yang digunakan selama setahun penuh kebaktian gereja. Lenoninus tercatat sebagai komposer penting untuk jenis musik organum, dan tercatat sebagai salah-satu komposer terpenting untuk fase awal dalam sejarah musik.
Machaut, Guillaume de (c. 1304-77) :
 Organis dan komposer Perancis pada masa Ars Nova (Seni Baru) dan mungkin sebagai komposer pertama yang mencipta musik sekular yang hingga kini masih sering dimainkan.

<i>tekt miring</i> | <b>TEKS TEBAL</b>

[img]link Image Anda[/img]

[youtube]link video youtube[/youtube]



 
© 2011 Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.ok-rek.com | Duwur | okrek | omaSae | BerKADO | Facebook | Twitter | Versi MOBILE