Jerman


JERMAN
Keadaan Alam
Negara Jerman terletak di pedalaman daratan benua Eropa, hanya sebagian kecil merupakan pantai laut terbuka (Laut Utara) dan Laut Baltik. Sebagian besar wilayahnya terletak pada dataran raya Eropa dan kaki pegunungan Alpen. Luas wilayah Jerman mencapai 357.050 km 2 , secara astronomis negara Jerman terletak antara 47 o LU – 55 o LU dan 6 o BT – 15 o BT.
Batas Wilayah
Batas-batas wilayah Jerman:
- Sebelah utara : Laut utara dan Laut Baltik
- Sebelah selatan : Swiss dan Austria
- Sebelah barat : Prancis, Luksemburg, Belgia, dan Belanda.
- Sebelah timur : Polandia, Ceko, dan Slovakia

Bentang Alam
Dilihat dari segi relifnya, Jerman dapat dibedakan atas tiga bagian yaitu:
  1. Dataran rendah di bagian utara
Kawasan ini merupakan daerah endapan lumpur dan pasir yang berasal dari aliran Sungai Ems, Sungai Weser, Sungai Elbe, dan Sungai Hovel yang bermuara ke Laut Utara dan perairan Laut Baltik (merupakan pantai dangkal dengan teluk-teluk kecil yang disebut juga Forden dan pulau-pulau kecil.
  1. Tanah tinggi tengah
Kawasan ini merupakan kelompok bukit-bukit yang ditutupi tanah Loss, dan berupa pegunungan-pegunungan yang dilalui lembah sungai.
  1. Kawasan pegunungan Alpen.
Kawasan ini meliputi Pegunungan Alpen Brauia dengan puncak-puncaknya Gunung Zugspitee dan dataran tinggi Bayren dan merupakan dari hulu Sungai Rhien dan Donau

Iklim
Wilayah Jerman memiliki iklim yang dibedakan jadi 2 bagian yaitu:
  1. Iklim sedang yang sejuk dan basah. Tipe iklim ini meliputi daerah pantai/dataran rendah. Pada bulan Januari temperatur udara berkisar 2 o C dan bulan Juli berkisar 18 o C. Curah hujan yang cukup banyak terdapat di daerah tinggi tengah dan bagian barat lebih banyak menerima curah hujan lebih banyak. Temperatur lebih nyaman terdapat di daerah Wuttenberg dan lembah Sungai Rhein. Pada musim panas suhu rata-rata bulan Juli mencapai 20 o C.
  2. Iklim sedang yang kering dan lebih dingin. Pedalaman kaki gunung Alpen terdapat iklim ini. musim dingin bulan Januari mencapai -2 o C dan bulan Juli sekitar 12 o C di kota Mundion. Curah hujan di bagian utara semakin kecil karena merupakan daerah bayangan hujan sekitar 610 mm per tahun.
Keadaan Penduduk Jerman
Jerman termasuk negara Eropa yang berpenduduk padat. Pada tahun 2001 jumlah penduduknya mencapai 82.200.000 dengan kepadatan rata-rata 230 jiwa/km 2 . Pertumbuhan penduduknya relatif kecil yaitu 0,1 % per tahun.
Daerah yang memiliki penduduk terpadat tersebut di wilayah sepanjang Sungai Rhein, Ruhr Hannover, kota pelabuhan Hamburg dan Bremen serta daerah sekitar Nurnberg dan Munchen sedangkan daerah tanah tinggi dan Pegunungan Alpen berpenduduk jarang.
Bahasa Jerman yang digunakan termasuk rumpun Indo Jerman. Penduduk asli Jerman berasal dari campuran suku Teutonia, Kelt dan bangsa Slavia. Sebagian besar penduduknya memeluk agama Protestan dan Katolik Roma. Sisanya adalah pemeluk Islam, Yahudi dan Ateis.
Jerman termasuk tiga negara Industri terbesar di dunia bersama Amerika Serikat dan Jepang.

Pertanian
Usaha pertanian menyerap 40% tenaga kerja. Hasil-hasil penting pertanian beserta daerah persebarannya adalah sebagai berikut:
  1. Padi-padian terdapat di Pegunungan Alpen, Batavia Utara, Weser, Westfalen
  2. Umbi-umbian terdapat di Nurnberg, Wurzburg
  3. Kentang terdapat di Luneburg Heide
  4. Bit Gula terdapat di Hannover, Braunschweig
  5. Anggur dan buah-buahan lainnya terdapat di lembah Sungai Rhein, Sungai Mosel, Stuttgart, Sungai Main, dan Sungai Elbe.
Pertambangan
Hasil-hasil tambang penting lainnya adalah sebagai berikut:
  1. Batu bara bitumen terdapat di Ruhr, Saar, dan Aachen.
  2. Batu bara muda (lignit) terdapat di ville, helmstedt, Kasel
  3. Minyak bumi terdapat di Emsland
  4. Gas alam terdapat di Laut Utara
  5. Biji besi terdapat di Lower Saxony sebelah timur, tepatnya di Salzgitter Peine.
Perindustrian
Hasil-hasil tambang penting lainnya adalah sebagai berikut:
  1. Industri besi dan baja terdapat di Ruhr, Saar, dan Bremen
  2. Industri konstruksi mesin terdapat di Magdeburg, Halle
  3. Industri penyulingan minyak terdapat di Ruhr, dan Karlsruhe
  4. Industri kimia terdapat di Leverkusen
  5. Industri mobil VW terdapat di Lower Satony dan Mercedes Benz terdapat di Stuttgart
  6. Industri tekstil terdapat di Nordhorn, Suttgart dan Munchen
  7. Industri peralatan listrik, alat ukur, dan optik terdapat di erfurt, desden dan karl mark – Stadt.
Perdagangan dan Perhubungan
Jerman merupakan negara dagang terbesar di dunia. Perdagangan di lakukan melalui Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE). Jerman memiliki sistem jaringan kereta api paling canggih di dunia dan jaringan jalan raya paling panjang di Eropa.

Bentuk Negara
Setelah perang dunia II, negara Jerman terbagi menjadi Jerman Barat dan Jerman Timur. Jerman Barat merupakan Republik Federal, yaitu Bundes Republik Deutschland. Kepala negaranya adalah Presiden Federal (Bundesprasident). Bundestag adalah parlemen federal dan perdana menterinya kanselir.
Jerman Timur (Deutsche Demokratische Republik) berhaluan komunis. Roda pemerintahan dijalankan oleh Dewan Menteri di bawah pimpinan ketua, tetapi sebenarnya kekuasaan berada di tangan sekretaris jendral dan Komite Sentral Partai Persatuan Sosialis. Dan akhirnya sejak tahun 1990 Jerman Barat dan Jerman Timur bersatu menjadi Negara Jerman dengan ibukotanya Berlin.

Bentuk Kerja Sama Jerman dengan Indonesia
Jerman memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia, karena itu dalam bidang perdagangan, Indonesia mengimpor mesin-mesin, mobil VW, Mercedes Benz, barang-barang elektronik, besi baja. Indonesia juga melakukan kegiatan ekspor yaitu mengekspor tembakau dan karet alam. Hubungan lainnya adalah dalam bidang pariwisata seperti pengiriman misi kesenian dan kebudayaan. Di bidang pendidikan dalam program pertukaran pelajar. Dalam bidang penelitian energi, teknologi, dan antariksa dengan melibatkan BATAN, LAPAN, dan LIPI.

Inggris
Bentuk Negara Inggris

<i>tekt miring</i> | <b>TEKS TEBAL</b>

[img]link Image Anda[/img]

[youtube]link video youtube[/youtube]



 
© 2011 Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.ok-rek.com | Duwur | okrek | omaSae | BerKADO | Facebook | Twitter | Versi MOBILE