Sistem Koordinasi dan Regulasi



 Dari kegiatan penyelidikan tersebut kamu dapat mengukur betapa cepat respon yang kita berikan terhadap rangsangan dari luar. Sesuatu yang luar biasa tentu telah terjadi dalam tubuh kita. Manusia merupakan makhluk hidup yang memiliki sistem pengaturan yang paling rumit. Pengaturan seluruh aktifitas tubuh kita dilakukan secara rapi oleh sistem koordinasi dan sistem regulasi, terdiri dari sistem saraf dan hormon.

Sistem Saraf
 Sel saraf merupakan bagian utama pada sistem saraf. Sel saraf membawa pesan melalui sistem saraf. Tubuhmu mengandung berjuta-juta sel saraf. Sel saraf disebut neuron. Neuron seringkali diperbandingkan dengan kawat listrik yang sangat kecil dan panjang. Kawat membawa pesan dan memiliki pembungkus (isolator) di luarnya. Kawat biasanya menghubungkan dua hal seperti misalnya sumber listrik dengan lampu. Neuron juga sangat kecil dan juga dapat sangat panjang. Neuron dapat memiliki ukuran panjang sampai satu meter di beberapa bagian tertentu dari tubuhmu. Neuron juga memiliki pembungkus. Neuron membawa pesan ke seluruh tubuhmu. Neuron memungkinkan bagian tubuh yang satu berekoordinasi dengan bagian tubuh yang lain.
 Kita juga dapat membandingkan sebuah kabel dengan sebuah saraf. Sebuah kabel terbuat dari beberapa kawat yang dibungkus bersama, sehingga membentuk kabel yang tebal dan besar. Sebuah saraf merupakan beberapa neuron yang dibungkus bersama-sama. Saraf dapat juga besar dan tebal.
 Sebuah neuron memiliki bagian-bagian yang juga dimiliki oleh sel-sel yang lain, seperti intisel dan sitoplasma. Terdapat sedikit perbedaan antara sel yang lain dengan neuron. Dua perbedaan yang dimaksud adalah ukuran dan bentuk neuron. Neuron berbentuk panjang dan kecil, sehingga dapat melakukan fungsinya dengan baik. Perbedaan ketiga antara neuron dengan sel yang lain adalah pada bentuk ujungnya. Ujung-ujung neuron bercabang-cabang. Satu ujung disebut dendrit. Dendrit adalah bagian neuron yang menerima pesan dari neuron tetangganya. Ujung yang lain biasanya lebih panjang disebut akson. Akson adalah bagian dari neuron yang berfungsi mengirim pesan ke neuron-neuron sekitar atau ke organ tubuh.

Jalur Pesan
 Bagaimana saraf membawa pesan dari satu bagian tubuh ke bagian tubuh yang lainnya? Terdapat tiga hal penting yang dapat dilihat di dalam diagram tersebut.
1. Jalur yang membawa pesan dari otak ke tangan tidak sama dengan jalur yang membawa pesan dari tangan ke otak.
2. Neuron yang membentuk satu jalur panjang tidak bersentuhan satu sama lain. Terdapat satu celah sangat kecil antara satu neuron dengan neuron yang lainnya. Celah tersebut dinamakan sinaps. Sinaps adalah celah kecil antara ujung akson suatu neuron dengan dendrit dari neuron tetangga.
3. Dendrit dari satu neuron selalu berhubungan dengan akson dari neuron yang lain. Pesan bergerak sepanjang satu neuron, dari ujung yang satu ke ujung yang lainnya. Pesan merupakan muatan listrik yang bergerak sepanjang akson seperti halnya listrik mengalir di dalam kawat. Pesan ini mengalir dalam neuron dari ujung dendrit ke ujung akson. Bagaimana pesan ini diangkut di dalam sinaps antara satu neuron dengan neuron yang lain? menunjukkan bagaimana pesan menyeberang di sinaps. Pertama pesan bergerak dari ujung dendrit ke ujung akson.

<i>tekt miring</i> | <b>TEKS TEBAL</b>

[img]link Image Anda[/img]

[youtube]link video youtube[/youtube]



 
© 2011 Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.ok-rek.com | Duwur | okrek | omaSae | BerKADO | Facebook | Twitter | Versi MOBILE