MENGENAL OPEN OFFICE

 Cukup banyak aplikasi pengolah kata yang dapat kita gunakan untuk menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. Mulai dari pengolah kata sederhana, hingga pengolah kata yang canggih dan kompleks, baik yang gratis maupun yang berbayar. Dalam blog ini, kita akan mempelajari penggunan Open Office, aplikasi pengolah kata yang dapat Anda gunakan untuk membuat berbagai jenis dokumen secara gratis. Meskipun Open Office merupakan aplikasi pengolah kata yang bersifat gratis, namun fitur-fiturnya sangat lengkap dan tidak kalah dengan aplikasi pengolah kata yang komersial. Open Office akan membantu kita mengerjakan berbagai aktivitas yang berhubungan dengan pengolahan kata.

A. MENGIDENTIFIKASI APLIKASI PENGOLAH KATA
1.. Pengertian Aplikasi Pengolah Kata
 Aplikasi pengolah kata (word processor) adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk mengolah kata. Aplikasi pengolah kata merupakan salah satu program yang paling dibutuhkan dan banyak digunakan di berbagai bidang kehidupan, seperti bidang pendidikan, sosial dan ekonomi, keuangan, pemerintahan, kesehatan dan lain-lain. Dengan aplikasi ini Anda dapat berbagai dokumen seperti laporan, proposal, artikel, brosur, booklet, karya tulis, surat menyurat, dan sebagainya.
2.. Macam--macam Aplikasi Pengolah Kata
 Ada banyak aplikasi pengolah kata yang dibuat oleh produsen perangkat lunak. Sebagian aplikasi pengolah kata merupakan perangkat lunak berbayar, sebagian lagi merupakan perangkat lunak yang dapat Anda gunakan secara bebas (gratis). Beberapa pengolah kata yang terkenal adalah :
● WordStar (WS)
● WordPerfect (WP)
● AmiPro
● Kwrite
● AbiWord
● StarWriter
● Open Office
● Notepad
● Wordpad
● Microsoft Word
Umumnya, aplikasi pengolah kata baru hadir dengan membawa fitur-fitur baru untuk mengatasi kekurangan aplikasi pengolah kata sebelumnya. Salah satu aplikasi dengan fitur lengkap dan cukup mudah digunakan adalah Open Office yang akan kita pelajari dalam blog ini.

B. MENGENAL OPEN OFFICE
1.. Sekilas tentang Open Office
 Open Office merupakan aplikasi perkantoran buatan SUN Microsystems yang kemampuannya dapat disejajarkan dengan Microsoft Office. Sekilas, program Open Office terasa agak lambat ketika pertama kali kita aktifkan. Hal ini terjadi karena paket Open Office memiliki banyak aplikasi yang langsung aktif saat Open Office tersebut dijalankan. Dalam paket Open Office terdapat aplikasi-aplikasi seperti :
● Aplikasi Pengolah Kata (Word Processor) yang disebut Writer.
● Aplikasi Pengolah Angka (Speadsheet) yang disebut Calc.
● Aplikasi Pengolah Presentasi (Presentation) yang disebut Impress.
● Aplikasi Pengolah Data (Database) yang disebut Base.
● Aplikasi Pengolah Gambar (Drawing) yang disebut Drawing.
Selain itu, masih ada aplikasi HTML Document, Formula, Labels, XML Form Document, Bussiness Card serta beberapa aplikasi lain. Open Office mempunyai karakteristik dan kelebihan tersendiri dibandingkan dengan program aplikasi pengolah kata lainnya. Berikut ini beberapa karakteristik dan kelebihan Open Office.
● Murah, jelas Open Office jauh lebih ekonomis dibandingkan dengan perangkat lunak berbayar karena Open Office berlisensi General Public License (GPL) sehingga pemakai tidak perlu membayar lisensi. Biaya yang perlu Anda keluarkan hanyalah biaya untuk mendownload melalui Internet atau biaya mengkopi CD. Biasanya, aplikasi Open Office sudah disertakan dalam distro Linux, sehingga Anda hanya perlu untuk membeli CD Linux saja.
● Bebas, menggunakan OpenOffice.org adalah sebuah pilihan bijak karena aplikasi ini bersifat open source dan dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan. Jika Anda menggunakan sistem operasi Microsof Windows, tersedia pula paket program Open Office versi Windows.
● Mudah, dalam Open Office Anda dapat dengan mudah mengkonversi dokumen yang dibuat dengan program Microsoft Office. Hampir semua format dokumen Microsoft Office dapat dibaca menggunakan Open Office.
● Bersahabat, peralihan dari OpenOffice.org rilis lama ke rilis terbaru jauh lebih bersahabat dibandingkan dengan program pengolah kata lainnya yang berbayar. Pada beberapa aplikasi pengolah kata lain, file yang dibuat dengan rilis lama kadang sukar dibuka di rilis terbaru.
● Stabil, program Open Office boleh dibilang lebih stabil karena format dokumen yang ditulis dengan Open Office sulit untuk diserang oleh virus. Sangat jarang ditemui program yang mengalami crash.
● Mendukung Java, aplikasi-aplikasi dalam program Open Office sangat kompatibel dengan arsitektur
  1. Assalamualaikum....Sekarang baru saya tau kelebihan dan keuntungan menggunakan Open office..terima kasih... :jabat:

    BalasHapus

<i>tekt miring</i> | <b>TEKS TEBAL</b>

[img]link Image Anda[/img]

[youtube]link video youtube[/youtube]



 
© 2011 Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.ok-rek.com | Duwur | okrek | omaSae | BerKADO | Facebook | Twitter | Versi MOBILE