Pertanian dan Perkebunan (Mata Pencaharian di Bidang Pertanian)

 Pertanian
Pertanian merupakan mata pencaharian yang telah berabad-abad dilakukan sebagian besar penduduk Indonesia. Itulah sebabnya, Indonesia sering juga disebut sebagai negara agraris. Bentuk-bentuk pertanian yang dilakukan oleh penduduk di bidang pertanian meliputi berladang, bertegalan, bersawah.
Berladang ialah bentuk kegiatan pertanian dengan memanfaatkan lahan di sekitar hutan. Kegiatan berladang dulunya dilakukan secara berpindah-pindah. Penduduk membakar hutan untuk dijadikan lahan pertanian. Setelah panen, penduduk pindah ke tempat lain dan membakar hutan yang lain lagi untuk dijadikan lahan yang baru. 
Apa dampak dari berladang berpindah terhadap kelestarian lingkungan?

Bertegalan ialah bertani di tanah kering dengan mengandalkan air hujan, tetapi pengolahannya sudah menetap. Hasilnya antara lain padi gogo, umbi-umbian, jagung, dan palawija.
Bersawah ialah bertani dengan sistem pengairan dan pemupukan yang teratur.
Ada beberapa cara bersawah, yaitu sawah tadah hujan (pengairannya diperoleh dari air hujan), sawah irigasi (pengairannya melalui saluran-saluran irigasi), sawah lebak (sawah yang memanfaatkan bantaran sungai), sawah pasang surut (sawah yang terdapat di muara sungai besar dan dipengaruhi oleh pasang surut air laut).

 Perkebunan
Perkebunan ialah usaha pembudidayaan tanaman pada lahan yang luas yang menghasilkan bahan untuk industri. Terdapat dua macam perkebunan: perkebunan rakyat dan perkebunan besar. Jenis tanaman perkebunan ialah karet, kelapa sawit, teh, tembakau, cengkih, cokelat, tebu.

Mata Pencaharian di Bidang Pertanian
3) Perikanan
4) Peternakan
5) Kehutanan
  1. PENTING MENYADARINYA! SILAHKAN BACA

    Salam teman-teman, aku punya kabar baik untuk berbagi. silakan bergabung dengan saya untuk menjadi bahagia. Aku baru saja dapat pinjaman dari sah secara hukum internasional pribadi pinjaman organisasi. Ini adalah bagaimana aku bisa mereka hubungi. Aku melihat kesaksian dari satu Nyonya mimosa wijayanti dari indonesia di website. Dia narrated bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari mereka dan dia memberikan mereka agen email ke semua orang. Dia juga menjelaskan proses dia melewati dalam mendapatkan dia penundaan. Jadi aku segera kirim mereka dan mereka membalas ke saya kirim. Mereka meminta saya untuk mendapatkan PPI asuransi bond sejak aku meminta untuk tidak ada jaminan unsecured pinjaman. Jadi aku mengikuti saran dari mimosa wijayanti dan juga mengikuti proses dia diikuti dan aku diasuransikan saya pinjaman. Jujur, awalnya aku sangat takut karena aku telah kehilangan uang saya untuk penipuan sebelumnya. Tapi, aku punya kejutan yang kurang dari 48 jam setelah insuring saya pinjaman, pinjaman dari Rp850.000.000 benar-benar dipindahkan ke rekening saya. Keseluruhan proses sederhana. Tidak menyembunyikan tuntutan. Tidak ada yang dibutuhkan dari saya sejak aku sudah diasuransikan pinjaman. sampai saat ini, aku masih sulit percaya. Saya pikir saya sedang bermimpi ketika aku mendapatkan pesan dari bank saya yang account saya telah beem dikreditkan. Sekarang, hatiku penuh dengan kegembiraan. Aku ingin nasihat seseorang yang mencari asli tempat untuk mendapatkan sah mendesak pinjaman untuk memulai bisnis, mendanai proyek besar, atau membayar utang yang harus kirim mereka sekarang melalui mereka email:(johnson.kivagroup@gmail.com) dan kau juga akan bahagia dengan cara yang sama saya bahagia sekarang. Aku ingin terutama terima kasih mimosa wijayanti untuk memberikan mereka kontak kepada publik. Dan jika kau menghubungi mereka dan juga mendapatkan pinjaman dari mereka, silahkan menyebarkan ini berita bagus jadi orang lain juga bisa mendapatkan keuntungan. Terima kasih.

    BalasHapus

<i>tekt miring</i> | <b>TEKS TEBAL</b>

[img]link Image Anda[/img]

[youtube]link video youtube[/youtube]



 
© 2011 Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.ok-rek.com | Duwur | okrek | omaSae | BerKADO | Facebook | Twitter | Versi MOBILE