Sikap Positif Terhadap Pahlawan Bangsa

Jasa para pahlawan bangsa bagi bangsa kita sangatlah besar. Mereka telah berjuang sepenuh jiwa raga untuk bangsa kita. Banyak di antara mereka yang gugur pada saat berjuang membela bangsa. Cita-cita mereka hanya satu, yakni terbebas dari belenggu penjajah. Mereka tidak sedikitpun mengharapkan imbalan. Oleh karena itu jasa para pahlawan bangsa kita haruslah kita hargai dengan jiwa besar. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. 

Bagaimana cara kita menghargai jasa para pahlawan bangsa kita? Berikut ini adalah beberapa contoh cara menghargai jasa para pahlawan bangsa:
1. Mengabadikan foto dan nama pahlawan pada mata uang, nama jalan, bandara dan rumah sakit
2. Membuatkan monumen suatu peristiwa penting atau patung pahlawan.
3. Memberikan gelar dan tanda jasa
4. Mengisi kemerdekaan dengan pembangunan dan hal-hal yang positif
5. Meneladani sikap dan perjuangan para pahlawan
6. Mendoakan arwah para pahlawan agar diterima di sisi Tuhan Di antara cara menghargai jasa para pahlawan bangsa, yang paling penting adalah meneladani sikap dan perjuangannya. Jasa para pahlawan memang harus dikenang. Namun dikenang saja tidaklah cukup. Karena perjuangan belumlah selesai. Para pahlawan bangsa yang telah gugur tentu akan bangga bila perjuangan mereka diteruskan oleh generasi saat ini.
Agar dapat meneruskan perjuangan mereka, kita pun harus meneladani sikap kepahlawanan dan patriotisme mereka dalam kehidupan sehari-hari.

<i>tekt miring</i> | <b>TEKS TEBAL</b>

[img]link Image Anda[/img]

[youtube]link video youtube[/youtube]



 
© 2011 Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.ok-rek.com | Duwur | okrek | Facebook | Twitter