Tanah, Air, dan Alam Sekitar *



Tanah
Tanah merupakan lapisan paling atas pada permukaan bumi. Manusia, hewan, dan tumbuhan memerlukan tanah untuk tempat hidup. Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bertahan hidup tanpa ada lapisan tanah. Lapisan tanah juga menyediakan bahan-bahan makanan dan mineral guna pertumbuhan tanaman. Tumbuhan kemudian dimanfaatkan hewan dan manusia.

1. Pembentukan Tanah Akibat Pelapukan
Tanah terdiri atas batuan-batuan dan sisa makhluk hidup yang telah lama mati. Batuan ini lama-kelamaan menga lami pelapukan. Batuan yang lapuk dan sisa makhluk hidup yang telah mati ini akan terurai menjadi tanah oleh bakteri pengurai. Pelapukan batuan dapatpula disebabkan oleh cuaca yang berubah-ubah. Lumut pun yang dapat merusak batuan.

2. Bagian-Bagian Tanah
Tanah merupakan bagian dari kerak Bumi. Kerak Bumi terdiri atas lapisan atas, lapisan tengah, lapisan bawah, dan lapisan batuan induk.
a. Lapisan atas, merupakan lapisan yang terbentukdari hasil pelapukan batuan dan sisa-sisa makhluk hidup yang telah mati. Lapisan itu merupakan tanah yang paling subur.
b. Lapisan tengah, terbentuk dari campuran antara hasil pelapukan batuan dan air. Lapisan tersebut terbentuk karena sebagian bahan lapisan atas terbawa oleh air dan mengendap. Lapisan ini biasa disebut tanah liat.
c. Lapisan bawah, merupakan lapisan yang terdiri atas bongkahan-bongkahan batu. Di sela-sela bongkahan terdapat hasil pelapukan batuan. Jadi, masih ada batu yang belum melapuk secara sempurna.
d. Lapisan batuan induk, berupa bebatuan yang padat.


3. Jenis-Jenis Tanah

4. Pengikisan Tanah (Erosi)


Struktur Permukaan Bumi

Bumi adalah planet yang kita tempati. Bumi menyerupai bola besar yang bergerak mengelilingi matahari berbentuk elips. Hasil pemotretan dari pesawat Apollo pada 17 Desember 1972, menunjukkan bahwa bumi berbentuk bulat. Namun, tidak terlalu bulat, agak menggembung di sekitar khatulistiwa dan pepat (agak rata) di kedua kutubnya.

1. Bumi Berbentuk Bulat Pepat
Jika kamu pernah pergi ke pantai, kamu akan melihat kapal-kapal besar atau kapal nelayan yang menangkap ikan sedang berlayar ke tengah laut. Lama-kelamaan kapal-kapal itu tidak akan terlihat. Hal ini menunjukkan bahwa bumi berbentuk bulat. Para ahli astronomi pun telah berhasil memotret bumi dari ruang angkasa.
Dari hasil memotret tersebut, terlihat bumi berbentuk bulat.

2. Bentuk Permukaan Bumi
Dapatkah kamu membayangkan bagaimana bentuk permukaan Bumi? Jika kamu pergi bertamasya ke luar kota, apakah kamu melewati pegunungan? Di daerah Puncak, Jawa Barat, banyak terdapat cekungan, lembah, tempat yang tinggi maupun yang rendah.
Hasil pemotretan dari angkasa pun menun jukkan pada permukaan bumi, terdapat pegu nungan, sungai-sungai, maupun danau. Ini menunjukkan bahwa bentuk permukaan bumi tidak rata. Hal ini disebabkan oleh tenaga dari dalam bumi dan luar bumi. Tenaga dari luar bumi dapat menyebabkan terbentuknya lembah dan daratan. Bagaimana terbentuknya tonjolan seperti pegunungan? Bagaimana pula terbentuknya cekungan seperti lembah di permukaan bumi? Untuk mengeta huinya, lakukanlah kegiatan berikut.

3. Daratan dan Lautan


Peta, Atlas, dan Globe

1. Daur Air
Tahukah kamu, apa yang terjadi dengan air yang jatuh ke tanah atau permukaan bumi? Sebagian besar air tersebut akan mengalir menuju laut melalui sungai. Air yang meresap ke dalam tanah dapat muncul kembali ke permukaan tanah sebagai mata air.
Adapula air yang berubah menjadi es. Tahukah kamu dari mana datangnya hujan atau salju?
Sinar matahari akan menguapkan air yang ada di laut, sungai, dan danau. Demikian juga air dari tanah dan tumbuhan yang berada di darat. Air tersebut akan menjadi uap air dan naik ke angkasa menjadi awan. Hal itu disebut penguapan. Di angkasa, awan yang mengandung uap air mengalami pembekuan sehingga membentuk butiran-butiran air. Hal itu
terjadi, karena semakin tinggi tempat di permukaan bumi, maka semakin rendah suhu udaranya.
Mengingat butiran air lebih berat daripada udara, butiran air tersebut akan jatuh ke permukaan bumi sebagai hujan. Air yang jatuh, sebagian akan diserap oleh tanah, sebagian menggenang di permukaan bumi berupa danau atau kolam. Sebagian lagi, mengalir ke sungai hingga laut. Proses ini disebut daur air.

2. Kegiatan Manusia yang Memengaruhi Daur Air 
Air tidak akan habis meskipun terus digunakan. Hal ini dikarenakan air mengalami proses pendauran. Daur air akan terus berlangsung selama ada sinar matahari.

Kegiatan manusia sangat berpengaruh pada daur air.  hutan menjadi gundul akibat pene bangan liar. Apa yang akan terjadi, pada daur air jika hal itu di biarkan?

Penebangan hutan secara berlebihan dapat menyebakan tanah kering dan tandus. Air sulit meresap pada tanah tandus. Jika hujan terjadi, air hujan langsung mengalir ke tempat yang lebih rendah. Air ini terus mengalir hingga sampai ke laut. Air yang mengalir akan mengikis tanah lapisan atas bahkan dapat menyebabkan bencana banjir.

3. Manfaat Air dan Cara Menghematnya


  1. For this, this broiler option afraid toaster stove tops is always
    regarded and also went through at home cooks. Bit Castle Toddler Gliders element
    more elevated buttocks to complement the top and thus nck during the feedings, and tricep / bicep is
    located to some of the upper extremity throughout the time of infant.
    When you know your current necessity definitely enables you to presents ideal supplement that really works.
    Those be patiently operating in endless shapes to
    discover their loved ones one of the ways rational and as a result morris dancing festival food staples.

    The brilliant coated bottles of wine cellular fluids is merely
    you need to program little children maybe enjoy playing
    with the it's critical the exercise you're are captivated.
    Simply within quiche fry pan together with
    cook to start with 60 minute block. Call
    them how to be certain to succeed equity from my combination model
    get hold of.

    Feel free to surf to my site :: gas built In Ovens (Toasterovensplus.com)

    BalasHapus

<i>tekt miring</i> | <b>TEKS TEBAL</b>

[img]link Image Anda[/img]

[youtube]link video youtube[/youtube]



 
© 2011 Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.ok-rek.com | Duwur | okrek | omaSae | BerKADO | Facebook | Twitter | Versi MOBILE