Peninggalan Sejarah - Mengapa kita perlu belajar sejarah?

Setiap orang pasti memiliki kehidupan masa lalu. Kamu, saudaramu, orang tuamu, semuanya pasti memiliki kehidupan masa lalu. Diantaranya tentu ada yang masih teringat sampai sekarang. Peristiwa yang masih diingat tentulah peristiwa yang penting dan berkesan, baik yang menyenangkan ataupun yang menyedihkan. Nah, cerita tentang kehidupan yang benar-benar terjadi di masa lalu inilah yang dimaksud dengan sejarah.

Belajar tentang kehidupan masa lalu tentulah  sangat bermanfaat bagi kita. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya dan orang-orang yang berjasa dalam perjuangan di masa lalu. Jika kita belajar sejarah maka manfaat yang akan kita peroleh antara lain:
1. Kita dapat mengetahui gambaran kehidupan masa lalu dan membandingkannya dengan kehidupan sekarang.
2. Kita dapat mengambil pelajaran dari kehidupan masa lalu. Sesuatu yang baik kita tiru dan kita kembangkan, sedangkan sesuatu yang buruk kita tinggalkan.
3. Kita dapat mengagumi dan menikmati keunikan kehidupan masa lalu beserta karya manusia di masa lalu.
Setelah mengetahui manfaat belajar sejarah tentunya kamu lebih semangat untuk belajar sejarah. Dari mana kita dapat mengetahui kehidupan masa lalu? Kita dapat mengetahui kehidupan masa lalu dari sumber sejarah.

Sumber sejarah itu dapat berupa :
1. Sumber lisan, yaitu orang yang menjadi pelaku atau saksi dalam suatu peristiwa sejarah.
2. Sumber tertulis, yakni berupa keterangan tertulis mengenai suatu peristiwa sejarah. Contohnya buku catatan, kitab, dokumen, dan prasasti.
3. Sumber benda, yakni benda-benda atau bangunan peninggalan masa lalu.

Contohnya foto, patung, candi, benteng, dan istana.
Dari berbagai sumber sejarah itu manusia dapat mengetahui bagaimana kehidupan di masa lalu. Sumber sejarah itu tidak mudah ditemukan. Kadang  ada sumber benda yang berada di luar negeri. Sumber-sumber sejarah itu mempunyai nilai yang sangat tinggi. Mengapa? Karena ia menjadi bukti nyata suatu peristiwa di masa lalu.
Ayo belajar banyak tentang sejarah, peninggaran  sejarah dan bagaimana upaya melestarikan peninggalan sejarah yang ada di lingkungan sekitar kita.


<i>tekt miring</i> | <b>TEKS TEBAL</b>

[img]link Image Anda[/img]

[youtube]link video youtube[/youtube]



 
© 2011 Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.ok-rek.com | Duwur | okrek | omaSae | BerKADO | Facebook | Twitter | Versi MOBILE