Lahirnya Kota Jakarta

Pada abad ke-13 di Jawa Barat terdapat sebuah kerajaan Hindu. Kerajaan tersebut bernama  Kerajaan Pakuan Pajajaran.
Kerajaan itu biasa disebut Kerajaan Sunda. Pusat kerajaannya terletak di daerah Bogor. Kerajaan Pajajaran mempunyai enam buah pelabuhan yakni Banten, Pontang, Cigede, Cimanuk, Tanara, dan Kelapa. Pelabuhan Kelapa terletak di tepi Teluk Jakarta dan sering pula disebut Sunda Kelapa.
Pelabuhan Sunda Kelapa lamakelamaan menjadi pelabuhan penting dan sangat strategis.
Ketika Malaka (kini wilayah Malaysia) jatuh ke tangan Portugis pada tahun 1511, Kerajaan Demak di Jawa Tengah tidak tinggal diam. Armada Kerajaan Demak menyerang orang-orang Portugis di Malaka. Usaha ini gagal karena persenjataan orang-orang Portugis lebih kuat.
Karena takut ditaklukan oleh Kerajaan Demak, maka Kerajaan Pajajaran menjalin hubungan baik dan meminta bantuan orang-orang Portugis. Pada saat itulah pengaruh Islam sudah mulai berkembang di Banten dan Cirebon. Pada tahun 1522, penguasa Pajajaran mengijinkan orang Portugis membangun benteng di pelabuhan Sunda Kelapa. Untuk membendung pengaruh Portugis di Pajajaran, Sultan Trenggono dari Demak memerintahkan Panglima Fatahillah untuk menaklukkan bandarbandar Pajajaran. Pada tahun 1526, pasukan Fatahillah berhasil menguasai Banten.
Pasukan Fatahilah juga berhasil merebut pelabuhan Sunda Kelapa. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 22 Juni 1527. Sejak saat itu Sunda Kelapa diubah namanya menjadi Jayakarta atau Jakarta yang berarti kota kemenangan atau kota kejayaan. Orang-orang Pajajaran sendiri yang terdesak kemudian menyingkir ke pedalaman. Hingga sekarang mereka dikenal sebagai Suku Baduy.
Pada masa penjajahan Belanda, nama Jayakarta berubah menjadi Batavia (Betawi). Sejak Proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, nama Jayakarta atau Jakarta kembali digunakan. Sejak itu pula Jakarta menjadi pusat pemerintahan atau ibu kota negara RI. Hingga sekarang tiap tanggal 22 Juni diperingati sebagai hari lahirnya Kota Jakarta.

<i>tekt miring</i> | <b>TEKS TEBAL</b>

[img]link Image Anda[/img]

[youtube]link video youtube[/youtube]



 
© 2011 Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.ok-rek.com | Duwur | okrek | Facebook | Twitter