Koperasi dalam Perekonomian Indonesia

Manusia selalu menginginkan agar hidupnya bahagia dan sejahtera. Kesejahteraan akan tercapai, apabila kita dapat memenuhi kebutuhan hidup. Apakah kebutuhan manusia itu hanya makan dan minum? Tentu saja tidak. Manusia  terdiri dari unsur jasmani dan rohani sehingga kebutuhan kedua unsur tersebut harus terpenuhi secara seimbang.

Kaitannya dengan upaya memenuhi kebutuhan hidup tersebut, kita dapat memenuhinya melalui usaha sendiri atau usaha bersama. Usaha bersama terasa lebih ringan daripada usaha sendiri. Mengapa? Sebab setiap usaha apabila dilakukan secara bersama-sama (berkelompok) akan terasa lebih mudah, lebih cepat, dan lebih berhasil. Ingat pepatah, “Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing”. Dalam usaha bersama setiap anggota kelompok dapat saling melengkapi. Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kelemahan, sehingga dapat saling menutupi dan saling membantu.
Usaha bersama yang bagaimanakah yang paling sesuai kita kembangkan di negara kita? Dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 33 ayat (1) tertulis “Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan”. Pasal ini mengandung pengertian bahwa usaha bersama yang sesuai di negara kita adalah usaha yang didasarkan pada asas kekeluargaan. Bentuk usaha apakah yang berdasarkan asas kekeluargaan? Bentuk usaha tersebut adalah koperasi.
Ayo belajar tentang hal-hal yang berkaitan dengan koperasi, seperti arti, tujuan, manfaat dan modal koperasi. Selain itu juga akan mengenal macam-macam koperasi serta mengetahui peran koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Arti, Tujuan dan Manfaat Koperasi
1. Pengertian koperasi
2. Tujuan dan manfaat koperasi

Lambang Koperasi

Modal Koperasi

Kelengkapan dan Kegiatan Koperasi


D. Macam-Macam Koperasi


Bapak Koperasi Indonesia
Tahukah kamu siapa bapak koperasi Indonesia? Beliau adalah Drs. Muhammad Hatta. Muhammad Hatta adalah wakil presiden pertama Indonesia. Karena kesetiaannya dalam mengembangkan koperasi di Indonesia, Drs. Muhammad Hatta mendapat anugerah gelar sebagai Bapak Koperasi Indonesia. Pemikiran Drs. Muhammad Hatta tentang koperasi dituangkan dalam buku yang berjudul Membangun Koperasi dan Koperasi Membangun.

<i>tekt miring</i> | <b>TEKS TEBAL</b>

[img]link Image Anda[/img]

[youtube]link video youtube[/youtube]



 
© 2011 Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.ok-rek.com | Duwur | okrek | omaSae | BerKADO | Facebook | Twitter | Versi MOBILE