Bermain Sambil Belajar

Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Usia Dini/ Anggani Sudono/PT Gramedia/2000/149+viii halaman.

Buku ini ditulis untuk konsumsi "guru". Guru yang dimaksud meliputi orang tua, pendidik di suatu lembaga pendidikan (sekolah/formal), calon pendidik formal, dan pengasuh di TPA.

Buku yang terdiri atas tujuh bab ini menguraikan tentang:
(1) pengertian bermain dalam pendidikan anak,
(2) berbagai sumber belajar dan alat permainan,
(3) pengelolaan sumber belajar dan penggunaan alat permainan,
(4) pemilihan serta pemanfaatan sumber belajar dan alat permainan sesuai perkembangan anak,
(5) pembuatan alat permainan dan sumber belajar,
(6) berbagai kegiatan, alat permainan dan sumber belajar di daerah perkotaan, pedesaan, dan daerah pantai, serta
(7) evaluasi alat permainaan, sumber belajar, dan beberapa cara penilaian pada waktu anak bermain. Melalui buku ini, "guru" dipandu untuk mengerti dan menyelenggarakan kegiatan bermain sebagai upaya pembelajaran anak usia dini (3,6 tahun). Penulis menguraikan berbagai alat permainan sebagai sumber belajar.

Alat permainan yang telah disesuaikan dengan lingkungan siswa ini selain dapat dibeli juga dapat dibuat sendiri berdasarkan petunjuk yang diuraikan secara jelas.
Pemilihan dan pemanfaatan permainan dimaksudkan untuk mengembangkan: emosi dan sosial anak, motorik halus, motorik kasar, kemampuan berbahasa, persepsi peglihatan (pengamatan dan ingatan), persepsi pendengaran, dan keterampilan berpikir anak. Penulis juga menguraikan tentang pemilihan dan pemanfaatan sumber belajar, yaitu lingkungan terdekat dengan anak, ruang sumber belajar, media cetak, dan perpustakaan. Evaluasi alat permainan, sumber belajar dan beberapa cara penilaian evaluasi saat anak bermain. Itu semua sangat membantu "guru" untuk mengetahui hasil belajar anak melalui permainan.
Jika semua kegiatan permainan ini diterapkan pada anak usia dini dalam kegiatan belajar mengenal angka, huruf, warna, dan sosialisasi dengan teman-temannya niscaya hal ini dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilannya.
Buku ini sangat menarik dan memang perlu untuk membantu "guru" dan anak usia dini dalam meningkatkan kreativitas, keterampilan, dan tingkat berpikirnya. (Riil Ellys)

Sumber: Buletin Pusat Perbukuan, Depdiknas Vol. VIII Th 2003

<i>tekt miring</i> | <b>TEKS TEBAL</b>

[img]link Image Anda[/img]

[youtube]link video youtube[/youtube]



 
© 2011 Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.ok-rek.com | Duwur | okrek | omaSae | BerKADO | Facebook | Twitter | Versi MOBILE