What is Batik, Hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang Batik (Indonesia)


Batik merupakan proses pembuatan disain menggunakan zat perintang berupa malam/lilin dengan nilai seni yang tinggi dengan cara ditulis menggunakan canting atau kuas selanjutnya diberi warna.
Untuk mengetahui tentang batik, perlu juga mengenal peralatan batik, cara pelekatan malam/lilin, pemberian
warna, jenis – jenis zat warna yang dapat digunakan.
Beberapa sumber menyebutkan bahwa sejarah pembatikan di Indonesia berhubungan dengan perkembangan kerajaan Majapahit dan kerajaan-kerajaan berikutnya di Jawa. Pengembangan batik dilakukan pada masa kerajaan Mataram, dan terus dikembangkan luas pada masa kerajaan Solo dan Yogyakarta. Selanjutnya diadopsi dan ditiru oleh masyarakat di daerah sekitarnya. Batik terus meluas menjadi pekerjaan rumah tangga termasuk keluarga istana dan hingga kini banyak digemari oleh keluarga-keluarga, bukan saja di Jawa, bukan saja di Indonesia, namun seluruh penjuru dunia. Pada masa kerajaan Majapahit, selain di pusar kerajaan (sekarang Mojokerto) batik dikembangkan di daerah Bonorowo (sekarang Tulungagung). Batik pada masa kerajaan Mataram, Solo dan Yogyakarta telah banyak menyempurnakan dan memperkaya corak yang telah ada di Mojokerto dan Tulungagung. Berikutnya menyebar ke Gresik, Surabaya, dan Madura. Hampir bersamaan pula berkembang ke Banyumas, Kebumen, Tegal, Pekalongan, dan Cirebon.

       Pada mulanya seni batik merupakan kesenian lukisan di atas kain untuk keluarga raja-raja Indonesia. Awalnya batik diproduksi terbatas dalam kraton dan hasilnya untuk pakaian raja dan keluarga serta para pengikutnya. Banyak dari pengikut raja yang tinggal diluar kraton, maka kesenian batik ini dibawa dan dikerjakan ditempatnya masing-masing. Hingga akhirnya ditiru oleh masyarakat sekitar.  Pewarna yang digunakan dibuat sendiri dari tanaman yang ada misalnya pohon soga, mengkudu, tinggi, dan nila, dan bahan untuk soda dibuat dari soda abu, sedangkan untuk garamnya dibuat dari tanah lumpur.  Kini teknologi pembatikan makin canggih dan modern meskipun untuk seni, harus tetap dilakukan oleh tangan-tangan trampil yang kreatif secara manual seperti yang telah dilakukan sejak ratusan tahun lalu.
Corak batik memiliki kekhasan tersendiri yang sangat kuat sesuai keluarga-keluarga yang mengembangkan batik. Dan hingga kini corak tersebut masih bisa dikenali dengan cukup jelas. 
Pada awalnya motif atau pola batik didominasi bentuk binatang dan tanaman. Kemudian batik mengalami  perkembangan secara lambat laun beralih pada motif abstrak yang menyerupai wayang, awan, relief candi, dan sebagainya. Melalui penggabungan corak lukisan dengan seni dekorasi pakaian, terciptalah seni batik seperti yang banyak kita jumpai sekarang ini. Budaya Bangsa yang sangat kaya telah mendorong lahirnya berbagai corak dan jenis batik tradisioanal dengan ciri khas sendiri. Banyak sekali jenis dan corak dan variasi batik tradisional sesuai dengan filosofi dan budaya masing-masing daerah yang amat beragam. 

Di Batik OkRek, Anda akan mendapati semakin banyak corak dan variasi aplikasi batik dalam bentuk busana dan asesoris pakaian. Bahkan akan terus bertambah dengan kreatifitas Anda untuk memodifikasi desain-desain yang telah ada di sini saat ini. Ya, bagaimanapun kreatifitas Anda dalam memanfaatkan batik, ayo kita wujudkan itu bersama.

Selengkapnya tentang What is Batik, Hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang Batik (Indonesia) bisa dilihat disini

.

<i>tekt miring</i> | <b>TEKS TEBAL</b>

[img]link Image Anda[/img]

[youtube]link video youtube[/youtube]



 
© 2011 Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.ok-rek.com | Duwur | okrek | omaSae | BerKADO | Facebook | Twitter | Versi MOBILE