LAUT DAN PESISIR

PENDAHULUAN
Mestinya Anda telah mempelajari modul PEDOSFER (TANAH). Sekarang Anda diminta untuk mempelajari modul berikutnya, yaitu “LAUT DAN PESISIR”.
Setelah mempelajari modul ini, Anda diharapkan dapat membedakan zona pesisir dan zona laut, menjelaskan morfologi dasar laut, macam-macam gerakan air laut, dan kualitas air laut. Sebagai negara maritim yang memiliki wilayah perairan laut yang lebih luas dari wilayah daratannya, yaitu 2/3 lebih wilayah lautan. Maka kita wajib mengetahui potensi perairan laut negara kita untuk dimanfaatkan dan dikelola bersama bagi kepentingan bangsa dan negara. Manakala sumber daya alam di darat kian menipis, alternatif lain ialah memanfaatkan potensi laut yang belum dimanfaatkan secara penuh.

Modul ini di bagi dalam 2 kegiatan belajar, yaitu :
• Kegiatan belajar 1,    membahas tentang zona pesisir dan zona laut, serta morfologi dasar laut
• Kegiatan belajar 2,    membahas tentang gerakan air laut, kualitas ait laut.

Modul ini dapat Anda pelajari dalam waktu 4 x 45 menit dengan santai tapi serius.
Ada beberapa petunjuk agar Anda sukses mempelajari modul ini, yaitu :
1.Buatlah jadwal rencana untuk mempelajari tiap pelajaran di rumah dengan jadwal yang telah Anda tetapkan
2.Laksanakan jadwal yang telah dibuat dengan penuh disiplin.
3.Dalam mempelajari modul, biasakanlah membuat catatan materi-materi yang tidak sulit Anda mengerti/pahami, diskusikanlah materi tersebut dengan teman-temanmu, atau tanyakan dengan guru bina/guru pamong atau siapa saja yang mengerti.
4.Sering-seringlah Anda melihat/mengamati tayangan laut dari media massa seperti TV tentang laut.
5. Pelajari pula buku-buku paket lain untuk mendalami materi laut dan pesisir ini
6. Jangan Anda abaikan soal-soal latihan atau tugas yang harus Anda kerjakan, ini berguna untuk menguasai tingkat penguasaan dan pemahaman Anda tentang materi yang Anda pelajari
7.Jika Anda merasa sudah menguasai materi pelajaran, mintalah Tes Akhir Modul (TAM) pada guru bina. Apabila nilai Anda kurang dari 7.5 ulangi lagi mempelajari materi yang Anda kuasai, dan kalau nilai Anda lebih dari 7.5, Anda dapat mempelajari modul berikutnya.
Semoga Anda sukses mempelajari modul ini, yakinlah dengan niat dan usaha yang sungguh-sungguh Anda akan berhasil. Sukses menanti Anda !


.: KEGIATAN BELAJAR 1
ZONA PESISIR DAN ZONA LAUT, MORFOLOGI DASAR LAUT
Tujuan : Setelah mempelajari kegiatan belajar 1 ini, Anda diharapkan dapat : 1. membedakan zona pesisir dan zona laut 2. menjelaskan morfologi dasar laut Uraian
Pada modul terdahulu Anda telah mempelajari tentang “Pedosfer”. Sekarang kita akan melanjutkan pada materi “LAUT DAN PESISIR”. Anda mungkin pernah bertamasya atau pernah melihat laut dan pantai? Bagaimana pemandangan alamnya? Indah sekali bukan? Ada deburan ombak dan angin menerpa pantai. Apabila kalau sempat berkeliling dengan kapal laut ke daerah yang jauh dari pantai kita akan merasakan berapa luasnya lautan itu. Airnya asin dan keadaan pantainya ada yang berpasir atau berlumpur bahkan berdinding batu.


A.  Beberapa pengertian yang berhubungan dengan zona pesisir dan laut Pantai merupakan suatu wilayah yang dimulai dari titik terendah air laut waktu surut hingga ke arah daratan sampai batas paling jauh ombak/gelombang menjulur ke daratan. Jadi daerah pantai dapat juga disebut daerah tepian laut. Dalam bahasa Inggris pantai disebut dengan istilah “shore” atau “beach”. Adapun tempat pertemuan antara air laut dan daratan dinamakan garis pantai (shore line). Garis pantai ini setiap saat berubah-ubah sesuai dengan perubahan pasang surut air laut. Agar jelas lihat animasi berikut! Wilayah tepian laut seperti gambar tersebut bentuknya bermacam-macam, ada yang landai dan ada pula yang curam. Tepian laut yang landai ini ada yang berpasir dan ada pula yang berlumpur. Tepian laut yang curam seperti dinding batu disebut “cliff”, pantai berpasir disebut gisik atau “sand beach” dan pantai berlumpur disebut “mud beach”. Pesisir adalah suatu wilayah yang lebih luas dari pada pantai. Wilayah pesisir mencakup wilayah daratan sejauh masih mendapat pengaruh laut (pasang surut dan perembasan air laut pada daratan) dan wilayah laut sejauh masih mendapat pengaruh dari darat (aliran air sungai dan sedimen dari darat). Jadi jika Anda dari kejauhan masih mendengar deburan ombak dan merasakan hembusan angin laut, daerah tersebut masih disebut pesisir. Menurut Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL) batas wilayah pesisir ialah daerah yang masih ada pengaruh kegiatan bahari dan sejauh konsentrasi (desa) nelayan. Laut merupakan bagian dari permukaan bumi yang memiliki wilayah air asin yang sangat luas dan terpisah dengan daratan. Wilayah laut ini menempati 2/3 atau 71% dari permukaan bumi.


B. Zona Pesisir dan Zona Laut  
Tahukah Anda yang dimaksud zone. Zone itu dapat diartikan daerah atau wilayah.

Selengkapnya tentang LAUT DAN PESISIR....

PENUNTUP
Puji syukur, Anda telah menyelesaikan modul tentang “LAUT DAN PESISIR”. Apabila Anda telah merasa menguasai materi, mintalah Tes Akhir Modul (TAM) pada guru bina Anda, dan jangan dilewatkan untuk mengerjakan soal-soal latihan dan tugas yang harus Anda kerjakan.
Pada akhir modul ini akan diketengahkan beberapa hal yang perlu bagi Anda dalam memahami materi seperti daftar istilah, dan daftar pustaka.
Ahmad Yani dkk, Geografi untuk SMA kelas 1, Bandung, Grafindo, 2004 K. Wardijatmoko, Geografi SMA Kelas X, Jakarta, Erlangga, 2004 TIM Geografi DKI Jakarta, Geografi Regional SMA 1, Jakarta, Erlangga, 1994

Selengkapnya tentang LAUT DAN PESISIR....

<i>tekt miring</i> | <b>TEKS TEBAL</b>

[img]link Image Anda[/img]

[youtube]link video youtube[/youtube]



 
© 2011 Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.ok-rek.com | Duwur | okrek | omaSae | BerKADO | Facebook | Twitter | Versi MOBILE