Masa Dewasa dan Masa Tua (Perkembangan manusia)

Masa Dewasa
Tubuh manusia mencapai puncak pertumbuhan dan perkembangan sempurna pada usia kurang lebih 20 tahun. Pada masa tersebut otot-otot dan otak telah mencapai kekuatan maksimal. Perkembangan cara berpikir telah matang. Demikian juga emosinya. Organ reproduksi pada masa dewasa telah berkembang dengan sempurna.


Masa Tua (Manula)
Ketika manusia memasuki usia 40 sampai 50 tahun mulai terjadi banyak perubahan pada tubuh. Pada masa tua organ-organ tubuh mengalami penurunan fungsi karena proses penuaan. Penurunan fungsi organ tubuh antara lain persendian menjadi kaku, tulang menjadi lemah, lensa mata mengeras, dan kulit kehilangan elastisitasnya. Selain itu, juga terjadi pengurangan kepekaan alat indera, baik pendengaran, penglihatan, maupun peraba. Orang yang sudah tua lebih cepat letih, reaksinya semakin lamban, dan daya tahan terhadap penyakit semakin lemah. Meskipun demikian, perubahan ini terjadi sangat lambat sehingga orang tidak menyadarinya selama bertahun-tahun.


1. Perkembangan manusia setelah lahir dimulai dari masa bayi dan anak-anak, masa remaja (puber), dewasa, dan masa tua (manula).
2. Pada masa pubertas terjadi perkembangan organ reproduksi. Pada perempuan mulai mengalami menstruasi. Sedangkan pada laki-laki mulai mampu menghasilkan sperma.
3. Pertumbuhan fisik yang paling pesat terjadi pada masa remaja (pubertas).
4. Pada masa tua (manula) terjadi penurunan fungsi organ-organ tubuh karena proses penuaan.
5. Perkembangan pada manusia melalui tahap-tahap sebagai berikut.
a. Masa balita. Dimulai dari semenjak dilahirkan hingga usia 5 tahun. Pada tahap ini anggota-anggota tubuh masih berukuran kecil. Bayi mulai belajar mengatur gerak tubuhnya dan belajar mengenali apa yang ditangkap dan dirasakan oleh inderanya.
b. Masa anak-anak. Usia 6–10 tahun pertumbuhan fisik dan mental mulai meningkat.
c. Masa remaja. Masa ini merupakan masa penghubung antara masa anak-anak dengan masa dewasa. Masa remaja juga dikenal sebagai masa pubertas, masa ketika mulai ada rasa tertarik terhadap lawan jenis.
d. Masa dewasa. Pada masa ini pertumbuhan dan perkembangan telah mencapai puncaknya. Perkembangan emosi dan cara berpikir telah matang. Organ reproduksi juga telah berkembang dengan sempurna.
e. Masa tua. Pada masa ini mulai banyak terjadi penurunan fungsi organ tubuh karena penuaan.

<i>tekt miring</i> | <b>TEKS TEBAL</b>

[img]link Image Anda[/img]

[youtube]link video youtube[/youtube]



 
© 2011 Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.ok-rek.com | Duwur | okrek | omaSae | BerKADO | Facebook | Twitter | Versi MOBILE