Kemampuan membaca cepat sangat penting untuk dikuasai

Pada era informasi dan telekomunikasi seperti sekarang ini, kemampuan membaca cepat sangat penting untuk dikuasai. Informasi yang disajikan dalam buku, majalah, surat kabar, dan media cetak lainnya begitu beragam (bervariasi). Tidak mungkin rasanya kita dapat membaca seluruh informasi itu. Tidak jarang kita hanya membutuhkan informsi tertentu saja. Jika kita hanya memerlukan informasi tertentu dari kamus, buku telepon, acara televisi di koran, istilah tertentu dalam buku lewat indeks, kemampuan membaca yang harus dikuasai adalah membaca memindai (scanning).
Membaca memindai dilakukan dengan penjelajahan mencari kata, istilah, angka, atau nomor tertentu dari teks. Jika sudah ditemukan kata, istilah, atau nomor yang dimaksud barulah membaca penjelasan atau uraiannya. Membaca memindai dilakukan untuk memperoleh pemahaman terhadap butir-butir informasi tertentu.
Membaca memindai adalah suatu proses membaca dengan penjelajahan mencari kata-kata, istilah, angka, atau nomor tertentu dari teks.
Ensiklopedi adalah buku yang menghimpun uraian tentang berbagai bidang ilmu tertentu dalam artikel-artikel terpisah.
Ensiklopedi 
Dalam ensiklopedi juga dapat ditemukan informasi dan pengetahuan singkat tentang tokoh-tokoh penting dunia, istilah-istilah yang berkaitan dengan sejarah atau peristiwa-peristiwa besar. Kata-kata atau istilah dalam ensiklopedi disusun secara alfabetis atau sesuai dengan urutan abjad.
Informasi penting dalam ensiklopedi dilengkapi dengan gambar atau foto pendukung yang menarik.
Langkah mencari arti atau penjelasan suatu kata atau istilah tertentu dalam ensiklopedi dengan cara mengurutkan kata atau istilah itu berdasarkan huruf pertama sesuai urutan abjad.

Misalnya, kamu akan mencari penejalasan kata Hari Tasyrik. Cara mencarinya sebagai berikut:
a. pandangan kita langsung meluncur menuju huruf h
b. setelah huruf h kita temukan, pandangan kita tujukan pada huruf di belakangnya yaitu huruf a, di belakang huruf a, kita cari huruf r dan huruf-huruf seterusnya hingga kita temukan kata Hari Tasyrik.
c. setelah kamu temukan kata Hari Tasyrik kamu dapat menemukan penjelasan kata tersebut.
Perlu kamu perhatikan bahwa untuk penjelasan nama seseorang yang memiliki jumlah kata lebih dari satu, yang ditulis adalah nama marga atau nama paling belakang. Misalnya, jika kita akan mencari penjelasan mengenai tokoh sastrawan Umar Kayam, langkah mencarinya adalah kita langsung meluncur mencari kata Kayam. Di situ, kita akan menemukan kata Kayam, Umar.

Buku Telepon
Jika ingin mengetahui nomor telepon seseorang atau nomor telepon kantor, lembaga, atau institusi tertentu, kamu dapat bertanya kepada layanan telkom melalui saluran nomor 108. Selain itu, kamu dapat pula mencarinya dalam buku telepon. Nama orang, kantor, lembaga, atau institusi dalam buku telepon disusun berdasarkan urutan abjad lengkap dengan alamatnya.
Kebanyakan orang kurang memperhatikan halaman pertama dari buku telepon, yang berisi petunjuk yang amat membantu. Hal tersebut menyebabkan seseorang terlalu lama membuka-buka buku telepon. 
Dari halaman pendahuluan buku telepon, kamu dapat memperoleh penjelasan yang memudahkan untuk menemukan nomor telepon yang diinginkan.
Penjelasan tersebut sebagai berikut.
a. Departemen, lembaga negara, lembaga Non-Departemen
1) disusun pada halaman menurut abjad
2) bagian-bagian departemen/lembaga disusun berdasarkan struktur organisasi
3) lembaga pemerintahan yang berada di bawah suatu departemen, ditempatkan di bawah departemen yang bersangkutan, misalnya : TVRI, RRI, BSF disusun di bawah Departemen Penerangan
b. Nama langganan pribadi
1) Nama keluarga/marga dicantumkan lebih dahulu baru diikuti nama pribadi
Misalnya : Effendi Siagian dikelompokkan pada abjad S
2) Nama pribadi tanpa nama keluarga marga ditulis langsung Misalnya : Joko Pulyanto dikelompokkan pada abjad J
3) Singkatan nama, gelar, pangkat, dan lainnya yang sejenis dicantumkan di belakang


Misalnya : Elang Raditya Drs. Dikelompokkan pada abjad E
c. Badan usaha
Nama perusahaan didahulukan, kemudian diikuti oleh bentuk badan usaha itu (Hotel, PT, CV, dll )
d. Petunjuk halaman
Gunakan petunjuk abjad yang tertulis pada sudut kiri dan kanan atas setiap halaman yang memudahkan Anda menemukan nama yang Anda cari.
Misalnya : Sukirman Tapakerta terdapat di halaman SUK - SUM
e. Halaman kuning
1) memuat daftar badan usaha yang disusun menurut kelompok usaha
2) lihatlah lebih dahulu melalui indeks yang ada di depan
Misal, suatu waktu kamu mendapat undangan seminar di Hotel Quality.
Akan tetapi, kamu lupa hari dan tanggalnya. Untuk memperoleh kejelasan mengenai hal tersebut, kamu akan bertanya kepada panitia penyelenggara atau menanyakan langsung kepada resepsionis Hotel Quality mengenai kegiatan tersebut. Karena nomor telepon Hotel Quality tidak kamu catat, maka kamu harus mencarinya di buku telepon. Untuk mencari nomor telepon Hotel Quality atau Quality Hotel langkah-langkahnya sebagai berikut.
a. pandangan kita langsung meluncur menuju kata atau kelompok kata yang diawali dengan huruf q.
b. setelah huruf q kita temukan, sapuan pandangan kita tujukan pada huruf di belakangnya yaitu kita cari huruf u, di belakang huruf u kita cari huruf a dan huruf-huruf seterusnya hingga kamu temukan nama Quality Hotel.
c. setelah kamu temukan nama Quality Hotel kamu dapat melihat nomor teleponnya di bagian sebelah kanan.
Perhatikan kutipan bagian buku telepon yang memuat nomor telepon Quality Hotel berikut ini!
Dari kutipan halaman buku telepon di atas dapat kamu temukan bahwa nomor telepon Quality Hotel adalah ......


Disalin dari buku sekolah



<i>tekt miring</i> | <b>TEKS TEBAL</b>

[img]link Image Anda[/img]

[youtube]link video youtube[/youtube]



 
© 2011 Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.ok-rek.com | Duwur | okrek | omaSae | BerKADO | Facebook | Twitter | Versi MOBILE